BMKG Sulsel Himbau Waspada Cuaca Ekstrim

Topikterkini.com-Makassar | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan mengeluarkan press release terkait cuaca ekstrim yang akan terjadi di wilayah Sulawesi, Senin (28/11/2022).

Peringatan dini cuaca ekstrim itu berdasarkan surat yang dikeluarkan BMKG Sulsel nomor ME.02.04/085/KBB4/XI/2022.

Dalam edaran itu dijelaskan kondisi serta hasil analisis terkini terkait cuaca sejumlah wilayah dan perairan di Sulawesi Selatan.

Masyarakat dihimbau waspada terhadap curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan potensi gelombang tinggi pada tanggal 29 November hingga 01 Desember 2022 mendatang.

Potensi curah hujan sedang hingga lebat terjadi di Luwu Utara, Palopo, Luwu, Pinrang, Pare-Pare, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Takalar, Soppeng, Sidrap, Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, Bulukumba dan Kepulauan Selayar. Sedangkan potensi terjadinya angin kencang di Pesisir Barat dan Selatan, Sulawesi Selatan.

Adapun potensi gelombang tinggi 1,25-2,5 meter terjadi di Perairan Sabalana, Perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone Bagian Selatan, Perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa dan Laut Flores.

Dengan adanya peringatan dini cuaca oleh BMKG Sulsel, Pemangku Kepentingan dan Masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir/genangan, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran dan meluapnya area tambak budidaya.

Selain itu dihimbau juga untuk selalu mengikuti informasi dari BMKG dan instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik.

Laporan : Arief Rahman
Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *