Perbaharui Buku Bacaan, Lapas Kolonodale Terima Kunjungan Dispusarda Morut

Topikterkini.com.Morowali Utara. Kolonodale – Dalam meningkatkan minat baca Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale menerima kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Morowali Utara (Dispusarda Morut). Selasa (22/8)

Penyediaan bahan bacaan bagi WBP merupakan salah satu hak yang harus dipenuhi sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 9 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan.

Kunjungan Tim Dispusarda Morut yang dipimpin oleh Kabid Perpustakaan Aswad, dalam rangka rolling buku bacaan yang ada di Perpustakaan Lapas Kolonodale. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kasubsi Pembinaan Asis Hi Bahar.

Pada Kesempatan tersebut buku yang sebelumnya terdapat di Lapas Kolonodale diambil untuk dilakukan pendataan dan penginputan pada server baru milik Dispusarda Morut. Buku-buku tersebut kemudian digantikan dengan buku-buku baru sebagai sumber literasi WBP.

Kabid Perpustakaan Dispusarda Morut, Aswad mengatakan “Rolling buku tersebut akan rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali, kami juga memilihkan koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan pengguna”. Ucap Aswad.

“Hari ini kami mengambil sebanyak 85 buku koleksi yang ada di Perpustakaan Lapas Kolonodale dan kami gantikan dengan 100 koleksi buku baru, buku yang kami berikan buku yang terkait dengan pembinaan WBP dan Motivasi hidup” tambah Kabid Perpustakaan Morut.

Sementara itu Kasubsi Pembinaan Asis Hi Bahar menuturkan bahwa pihaknya sangat terbantu dengan kerjasama yang dilakukan dengan Dispusarda Morut. “Tentunya kami sangat terbantu sekali oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Morowali Utara dalam hal penyediaan buku bacaan bagi WBP, dengan adanya buku tersebut WBP dapat memiliki kegiatan positif dan peningkatan literasi meskipun berada didalam Lapas”
Setelah mengunjungi Perpustakaan Lapas Kolonodale, rombongan tim Dispusarda Morut diajak berkeliling di green house hidroponik Lapas Kolonodale, tidak hanya itu rombongan juga diberikan oleh-oleh berupa sayuran selada segar.

Sebelum meninggalkan Lapas kolonodale Kabid Perpustakaan Dispusarda Morut juga mengatakan akan mengirimkan utusan untuk melakukan penatataan buku di Perpustakaan Lapas Kolonodale agar dalam penataannya lebih rapih dan memudahkan pengunjung dalam menemukan buku yang dicari.

Kunjungan Dispusarda Morut di Lapas Kolonodale berlangsung aman dan lancar.

(Sutrisno).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *