Risharyudi Triwibowo: Pentingnya Menekan Angka Pengangguran Lewat Pelatihan Vokasi

Topikterkini.com.Palu – Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan R.I, Risharyudi Triwibowo mengatakan pentingnya menekan angka kemiskinan melalui Pelatihan Vokasi.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi ketenagakerjaan bidang pelatihan vokasi dan produktivitas yang diselenggarakan BBPVP Makassar bersama Disnakertrans Prov.Sulteng di Palu Golden Hotel Palu, Senin (28/8/2023).

Dikesempatan itu, Risharyudi Triwibowo Putra Daerah Sulteng yang akrab disapa Tribowo mengatakan bahwa Kemenaker, Disnaker provinsi dan kabupaten-kota harus bersinergi untuk membuat pelatihan bagi Pengangguran.

Lanjut Tribowo, saat ini angka Pengangguran di Sulteng masih mencapai 3.49 persen atau 58.500 orang pada tahun 2023.

Menurutnya, meski masuk di urutan ke-5 terendah angka Pengangguran dari 38 provinsi di Indonesia, namun pemerintah harus berupaya memperkecil angka Pengangguran itu.

“Jadi kita upayakan menurunkan angkanya dari 3.49 persen menjadi lebih kecil lagi, dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan, agar bisa bersaing di dunia kerja,” ucap Staf khusus Menakertrans yang juga dikenal sebagai Pengusaha disektor Pariwisata dan Perhotelan.

Dikesempatan itu, Risharyudi Triwibowo juga menyampaikan bahwa hingga akhir tahun 2022, Kemenaker telah membangun 3.757 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di seluruh wilayah Indonesia dengan kapasitas peserta sebanyak 225.420 orang.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala BBPVP Makassar, La Ode Haji Polondu dan Kepala Disnakertrans Sulteng Arnold Firdaus.
Sumber : Tribunpalu.com.
Editor: Husni Sese.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *