Bertemu peserta pelatihan aplikasi Sipades, Bupati Morut ungkapkan Pemda fokus tingkatkan SDM aparat desa

Topikterkini.com.Makassar, – Peserta pelatihan Pendataan Aset Desa Berbasis Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades) online menyambut gembira kehadiran Bupati Morut Delis Julkarson Hehi di tengah-tengah mereka.

Pertemuan yang berlangsung di Swissbell Hotel Makassar, Minggu malam (17/9/2023), dipandu oleh Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa Dinas PMD Morut Charles N. Toha, S.Sos, M.Si.

Pada kesempatan tersebut Bupati Delis didampingi Ketua TP PKK Morut Febriyanthi Hongkiriwang.

Pelatihan tersebut diikuti para kepala desa, sekretaris desa, Kaur/Kasie dan operator Sipades se Kabupaten Morowali Utara.

Bupati menyambut baik pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) seiring dengan perkembangan zaman saat ini.

“Kita memang sudah memasuki era digitalisasi. Siapapun harus beradaptasi dengan perkembangan ini. Begitupun dengan para kades, sekdes dan perangkat desa lainnya,” jelasnya.

Ia menegaskan, peningkatan SDM melalui berbagai pelatihan harus dilakukan agar daerah ini tidak ketinggalan dari daerah lain.

“Penyelenggaraan administrasi desa hari ini tidak bisa terhindarkan dari digitalisasi, ini penting dipahami,” tegasnya.

Bupati memberi contoh seperti negara Singapura. Negara kecil itu sangat maju karena pimpinannya mengutamakan SDM di semua lini.

Begitupun Jepang yang dikenal sebagai “macan Asia” sangat memprioritaskan SDM sehingga memiliki manusia unggul dan berdaya saing.

Mengenai bermacam penghargaan dan prestasi yang diraih Pemda Morut belakangan ini, bupati mengatakan ini bukan prestasi semata bupati dan wakil bupati, tetapi prestasi semua masyarakat termasuk para perangkat desa.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena dalam bulan-bulan ini begitu banyak penghargaan yang diterima oleh pemerintah daerah Kabupaten Morowali Utara. Saya mau tegaskan semua pencapaian itu bukan prestasi bupati dan wakil bupati tapi prestasi kita semua,” ujarnya.

(Sutrisno Ale/Ryo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *