Lagi, Bawaslu Bantaeng Layangkan Saran Perbaikan ke KPU, Ada apa…

TOPIKtetkini.com–Bantaeng; Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng melakukan pengawasan melekat sortir dan lipat Surat Suara di aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Bantaeng, Sabtu 13/1/2024.

Menurut Kasubag Pengawasan dan Humas Bawaslu Bantaeng Akmal, Pengawasan melekat ini dilakukan untuk memastikan proses yang berlangsung dalam penyortiran dan pelipatan Surat Suara berjalan sesuai dengan aturan, termasuk surat suara yang dinilai rusak (bernoda, Kabur).

Bawaslu Kabupaten Bantaeng melakukan pengawasan melekat terhadap sortir dan lipat surat suara untuk pemilu 2024 di AULA Husni Kamil Manik Kantor KPU, Sabtu 13 Januari 2024.

“Setelah kami amati, masih terdapat beberapa surat suara yang rusak karena adanya noda tinta didalam kolom nama peserta pemilu (bercak tinta)” kata Akmal kepada awak media yang ditemui disela kesibukannya.

Hari ke enam Penyortiran dan pelipatan yang dilakukan KPU Bantaeng hari ini telah memulai sortir Surat Suara DPRD Provinsi Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 4, hari sebelumnya jajaran KPU telah menyortir surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD, dan DPR RI juga diawasi langsung tim dari Bawaslu, tambah Akmal.

Terkait dengan adanya surat suara yang dianggap rusak pada proses pelipatan dan penyortiran yang diawasi, kami akan koordinasikan dengan pimpinan Bawaslu, untuk ditindaklanjuti.

Ditempat terpisah pimpinan Bawaslu Bantaeng, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa Ruslan, SH. Akui telah menyampaikan saran perbaikan kepada KPU Bantaeng.

“Surat suara untuk Presiden dan DPD, Bawaslu Bantaeng sudah menyampaikan saran perbaikan” kata Ruslan

Untuk surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi masih sementata di Sortir dan Lipat, juga kalau masih terdapat surat suara yang rusak maka kami (Bawaslu, Red) kembali melayangkan saran perbaikan kembali ke KPU sesuai aturan yang, tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *