Ini Rekomendasi DPRD Buol Sebagai Catatan Strategis Terhadap LKPJ Bupati Buol Tahun 2023

Topikterkini.com.|Buol – Rapat paripurna istimewa dengan agenda penyampaian Keputusan DPRD Kabupaten Buol tentang rekomendasi dan catatan-catatan strategis atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Buol tahun anggaran 2023 berlangsung secara khidmat di aula rapat utama DPRD Buol, Selasa, 23 April 2024.

Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua II Ahmad T. Takuloe, SH, didampingi Ketua DPRD Buol Srikandi Batalipu,S.Sos,M.AP, bersama PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Ir. Usman Hasan, M.Si, turut di hadiri 18 anggota dewan, Wakapolres Buol Kompol Johnny Bolang S.Sos., M.H, Analis hukum ATR/BPN Buol Masnawir, SH, Danramil 1305-05 Biau Lettu Inf Suyadi, Asisten II Setdakab Buol Drs. Arianto Rioeh, M.Si, sejumlah pimpinan OPD dan ASN dilingkup pemda buol serta insan Pers.

Sebagaimana di atur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang menyatakan Kepala Daerah mempunyai kewajiban menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD tahun 2023.

LKPJ yang telah disampaikan pada tanggal 18 Maret 2024 pada rapat paripurna Kabupaten Buol yang telah dilaksanakan berbagai tahapan pembahasan di DPRD kabupaten Buol diantaranya Paripurna pembentukan Pansus, rapat-rapat Pansus, Paripurna penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi dan catatan-catatan strategis terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati tahun 2023.

Rangkaian tersebut merupakan implementasi terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang disebutkan bahwa DPRD melakukan pembahasan terhadap LKPJ.

Berdasarkan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Buol nomor 170.22/05/dprd/IV/tahun 2024 tentang penetapan rekomendasi dan catatan strategis dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Buol terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2023.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buol melahirkan 4 rekomendasi dan catatan-catatan strategis terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Buol tahun 2023 sebagai berikut :

1. Rekomendasi dan catatan catatan strategis terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Bupati tahun anggaran 2023 adalah hasil kerja tim pembahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang dibentuk dalam rapat paripurna.

2. Rekomendasi dan catatan catatan strategis terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2023 sebagaimana dimaksud pada diktum ke-1 tercantum dalam lampiran keputusan ini

3. Rekomendasi dan catatan strategis sebagai dimaksud oleh pemerintah daerah kabupaten Buol dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan tahun-tahun yang akan datang.

4. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Ditetapkan dan dibuat pada tanggal 23 April tahun 2004 oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buol.

Pimpinan paripurna Ahmad Takuloe menjelaskan berdasarkan hasil pembahasan tersebut memberikan rekomendasi dalam bentuk keputusan DPRD yang disampaikan pada kepala daerah dalam rapat paripurna.

Ahmad Takuloe mengatakan demi pentingnya tindak lanjut atas laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah maka dalam proses pembahasan perumusan rekomendasi Pansus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan penelaahan secara mendalam melalui rapat-rapat yang telah dilaksanakan secara internal.

Berkenaan dengan hal tersebut maka hasil analisis dewan terhadap LKPJ kepala daerah 2023 serta melihat kondisi faktual sebagai aspek kehidupan sosial, ekonomi masyarakat sebagai hasil dari pelaksanaan program-program pembangunan selama 1 tahun dan selengkapnya dicantumkan dalam lampiran keputusan DPRD yang akan diserahkan.

Dia juga berharap dengan keputusan DPRD Kabupaten Buol tersebut tentang rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Buol, menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah kabupaten Buol dalam hal ini Bupati dan seluruh jajarannya untuk menindaklanjuti rekomendasi dari DPRD.

“DPRD mengharapkan adanya perhatian dari Bupati dan seluruh jajarannya untuk melaksanakan rekomendasi tersebut,” pinta Wakil Ketua II Ahmad Takuloe.

Dikesempatan yang sama, sambutan Bupati Buol Drs. Moh. Muchlis, MM, yang dibacakan PJ Sekda Buol menyampaikan permohonan maaf dan mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah Mohon maaf lahir dan batin atas segala hilaf dan kesalahan yang disebabkan yang selaku manusia biasa.

Bupati Buol Muchlis juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dan secara khusus kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Buol yang telah bekerja keras untuk membahas dan merumuskan rekomendasi berupa catatan-catatan strategis yang berisikan saran, masukan dan atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama tahun 2023.

“Catatan dan rekomendasi tersebut sangat berguna dalam rangka perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Buol ke depan,” ungkap PJ Bupati Buol M. Muchlis yang disampaikan PJ Sekda Usman Hasan.

Prioritas pembangunan pemerintah daerah kabupaten Buol tahun 2023 terdiri atas 5 Prioritas pembangunan yaitu :

1.Prioritas akselerasi infrastruktur layanan dasar dan fasilitas publik pendukung pengembangan pertanian Peternakan dan Perikanan serta infrastruktur yang beririsan dengan provinsi dan nasional.

2. Prioritas pembangunan infrastruktur penunjang lingkungan hidup dan kebencanaan.

3. Prioritas pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya.

4. Prioritas penguatan pengembangan pariwisata yang didukung oleh agrowisata dan industri olahan wisata yang berkelanjutan.

5. Prioritas peningkatan manajemen dan layanan sampai tingkat desa.

Menurutnya hasil-hasil kinerja yang dilaksanakan pada tahun 2023 merupakan realisasi dari seluruh aktivitas berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah selama kurun waktu satu tahun anggaran.

Lebih lanjut, PJ Bupati Buol menegaskan pada tahun 2023 Kabupaten Buol dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah terdapat beberapa keberhasilan yang di capai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal ini dibuktikan juga dengan adanya pengakuan dan penghargaan berbagai pilihan terhadap kemajuan dalam berbagai bidang yang dicapai oleh Kabupaten Buol.

Dia menambahkan bahwa hasil yang dicapai tahun 2023 belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan, atas kekurangan dan kelemahan dalam pencapaian kinerja yang belum maksimal tersebut pemerintah daerah akan terus mengupayakan perbaikan dan peningkatan kinerja pada masa yang akan datang.

“Permasalahan pembangunan yang kita hadapi ke depan semakin penuh tantangan, sejalan dengan tuntunan dinamika pembangunan untuk menuju peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih baik lagi,”katanya

“Untuk itu kiranya kita perkuat komitmen pembangunan mulai pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Buol tahun 2024 dan seterusnya yang diharapkan semakin partisipatif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” lanjutnya

PJ Bupati Buol juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyelenggaraan pemerintahan hingga penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Buol tahun 2023 tersebut terdapat kekurangan maupun kekeliruan baik mencakup substansi pemerintahan maupun redaksional.

“Laporan kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan sebagai bahan perbaikan kinerja pada tahun-tahun mendatang,”tambahnya.

Dia menjelaskan terdapat catatan dan rekomendasi DPRD Kabupaten Buol, dimana pemerintah daerah merespon dengan baik dan positif terhadap masukan yang bersifat konstruktif bahkan akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan dalam merumuskan perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pada tahun berikutnya.

Terkait dengan rekomendasi dan catatan strategis tersebut, Bupati Buol menegaskan dan menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk mencermati dan menindaklanjuti rekomendasi tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga target kinerja pembangunan dan akselerasi pembangunan dapat dicapai dan dinikmati secara nyata dan merata.

 

Liputan : MR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *