NAGARI KUDO KUDO INDERAPURA KECAMATAN PANCUNG SOAL SIAP DIBINA DPP P3N WILAYAH I UNTUK PROGRAM PJA 2025

Sumatera Barat Pahaman Topik terkini com_Paralegal Justice Award merupakan Program rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Kemenkumham RI dan dilombakan bagi Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari yang berprestasi di bidang Hukum, dimana diharapkan setiap Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari dapat berperan sebagai juru damai Desa, Kelurahan, atau Nagarinya masing-masing.

Pada tahun 2024 ini Pengurus DPP P3N Korwil Wilayah satu DPP P3N CCI akan membina 54 Desa, Kelurahan, dan Wali Nagari untuk Indonesia Bagian Barat yang terdiri dari 18 Provinsi (Sumatera, Jawa, dan sebagian Kalimantan). Salah satu Nagari (Desa Adat) di Provinsi Sumbar yang akan dibina oleh Korwil DPP LBH CCI adalah Nagari Kudo Kudo Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar.

Saat dikonfirmasi pada Wali Nagari Pancung Soal Nofri Hamiddi,S.Pdi.,CFLE, ia membenarkan bahwa Nagari yang dipimpinnya akan dibina oleh Korwil I DPP LBH CCI untuk mengikuti Paralegal Justice Award (PJA) 2025 yang akan datang. Untuk mengikuti PJA 2025 Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari harus telah mendaftar pada bulan September 2024 tahun ini.

Sekjen DPP P3N CCI Dr H Misri Hasanto,M.Kes siap membina dan mendampingi 54 Desa, Lurah, dan Wali Nagari (Desa Adat) di 18 Provinsi se-Indonesia Bagian Barat, dimana pembinaan dilakukan untuk 3 Desa, Lurah, dan Nagari pada 18 Provinsi tersebut. Pembinaan yang dilakukan mulai dari Sosialisasi Program PJA 2025, syarat administrasi, tahapan, dan Prosedur PJA. Bagi yang berminat bisa konsultasi WA 081270508423. Ujar Dr H Misri.

Dr M Sayuti Datuak Rajo,M.Pd Pangulu Ketua Umum Pusat Kajian Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Hukum Adat Minangkabau (PUJIAN ABS SBK HAM) yang juga mantan Ketua Umum LKAAM Sumbar sangat menyambut baik adanya pembinaan Paralegal Justice Award untuk Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari oleh DPP P3N CCI Wilayah I.

Nofri Hamiddi,S.Pdi.,CFLE Wali Nagari Kudo Kudo Inderapura mengutarakan luapan hatinya, selama ini ia sering membantu menyelesaikan sengketa masyarakat yang tidak mampu di Nagarinya, secara kekeluargaan dan hukum adat setempat, namun kurang terdokumentasi dengan baik.

Direktur LBH CCI Rusdi,SH.,CFLE sangat menyambut baik program Pembinaan Paralegal Justice Award (PJA) yang diselenggarakan oleh Korwil I DPP P3N CCI. Saya berharap program ini bisa dicontoh oleh DPW dan DPD P3N CCI se-Indonesia dalam membina Kepala Desa, Lurah, dan Wali Nagari, sehingga semakin banyak terbentuk Desa Sadar Hukum, Kelurahan Sadar Hukum, dan Nagari Sadar Hukum, dengan implementasi sebagai juru Damai di desa,Kelurahan maupun di Nagari Nagari.lalporan ka Biro Topikterkini com Sumbar Nofriyol Datuak Rajo Nan Panjang-Syafrianto S.Sos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *