oleh

Air Surut Dimanfaatkan Warga Menjaring Ikan

Laporan Jurnalis Kalimantan: Yahya

TOPIKterkini.com, Kalimantan Barat – Sejumlah warga memasang jaring ikan di Sungai Sekadau, maski dalam kondisi panas terik. Saat ini musim air yang mulai surut dimanfaatkan warga untuk mencari ikan di sungai, salah satunya warga Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir.

Salah seorang warga, Anyang mengatakan, di Sungai Sekadau terdapat berbagai jenis ikan yang saat ini banyak didapat yaitu ikan bantak. Ia mengatakan, warga setempat kalau menjaring ikan bergantian agar jaring ikan tidak berdekatan atau bertabrakan.

“Kalau pukatnya berdekatan, hasil ikannya pasti kurang. Bisa-bisa tidak dapat ikan sama sekali,” ujarnya Minggu (7/4/2019) sore

Bahkan, tak jarang ibu-ibu pun ikut menjaring ikan di sungai. Dengan di dapatnya ikan tersebut, tak hanya untuk dikonsumsi saja, melainkan juga dijual.

Anyang mengatakan, tidak jarang wargapun memasang jaring ikan saling berdekatan. “Biarpun jaring ikannya dibelakang kawan, tidak menutup kemungkinan tetap dapat ikan. Tergantung rezeki,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Syamsudin mengatakan, warganya beramai-ramai menjaring ikan di Sungai Sekadau. Apalagi, Desa Tanjung merupakan daerah delta yang diapit oleh Sungai Kapuas dan Sungai Sekadau.

“Kalau dilihat, hasil yang didapat dari menjaring ikan itu rata-rata ikan bantak,” kata dia.

Untuk itu, ia berharap hal itu bisa menambah pendapatan bagi warga yang mencari ikan. Apalagi, kata dia, hari raya Idul Fitri tidak lama lagi sehingga dengan banyaknya ikan yang diperoleh tersebut bisa dijual oleh warga.

“Mudah-mudahan bisa memberikan menambah rezeki atau pendapatan masyarakat,” pungkasnya.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed