Musim Kemarau Dimanfaatkan Warga Semaong Menjaring Ikan

oleh -

Laporan Jurnalis Kalbar : Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar – Sejumlah warga memasang jaring ikan di Sungai Kapuas Sekadau, maski dalam kondisi panas terik. Saat ini musim air yang mulai surut dimanfaatkan warga untuk mencari ikan di sungai, salah satunya warga Dusun semaong,Kecamatan Sekadau Hilir.

Salah seorang warga, Yasir mengatakan, di Sungai Kapuas terdapat berbagai jenis ikan yang saat ini banyak didapat yaitu ikan patik, lais dan juara Ia mengatakan, warga setempat kalau menjaring ikan bergantian agar jaring ikan tidak berdekatan atau bertabrakan.

“Kalau pukatnya berdekatan, hasil ikannya pasti kurang. Bisa-bisa tidak dapat ikan sama sekali,” ujarnya Rabu (10/4/2019) Pagi.

Bahkan, tak jarang ibu-ibu pun ikut menjaring ikan di sungai. Dengan di dapatnya ikan tersebut, tak hanya untuk dikonsumsi saja, melainkan juga dijual.

Yasir mengatakan, tidak jarang wargapun memasang jaring ikan saling berdekatan. “Biarpun jaring ikannya dibelakang kawan, tidak menutup kemungkinan tetap dapat ikan. Tergantung rezeki,” tuturnya.

Sementara itu, Nenar mengatakan, warga beramai-ramai menjaring ikan di Sungai Kapuas. Apalagi, di Dusun Semaong merupakan daerah Sungai Kapuas.

“Kalau dilihat, hasil yang didapat dari menjaring ikan itu rata-rata ikan patik, lais dan juara,” kata dia.

Untuk itu, ia berharap hal itu bisa menambah pendapatan bagi warga yang mencari ikan. Apalagi, kata dia,dengan banyaknya ikan yang diperoleh tersebut bisa dijual.

“Mudah-mudahan bisa memberikan menambah rezeki atau pendapatan masyarakat,” pungkasnya.

Loading...