Kapolsek Sekadau Hilir Imbau Masyarakat Bersama-sama Cegah Karhutla

oleh -

Laporan Jurnalis Kalbar : Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar – Memasuki musim kemarau, masyarakat diimbau untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pihak kepolisian terus memberikan imbauan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Kapolsek Sekadau Hilir, IPTU Topo Subroto menuturkan, hingga saat ini belum ditemukan adanya karhutla khususnya di wilayah hukum Polsek Sekadau Hilir. Kendati demikian, pihaknya terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengantisipasi terjadinya karhutla.

“Alhamdulillah hingga saat ini untuk rencana-rencana masyarakat membakar lahan pertanian belum ada. Kalau ada mudah-mudahan bisa cepat diatasi,” ujar Topo ditemui, Kamis (11/4).

Untuk itu, kata Topo, pihaknya terus memberikan pemahaman kepada masyaraka melalui Bhabinkamtibmas khususnya kepada masyarakat yang berada di wilayah pedalaman. Hal ini dilakukan agar masayrakat tidak membakar lahan yang rencananya akan dibakar. Terlebih dengan kondisi cuaca belakangan ini.

“Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakan, langkah lain yang dilakukan pihaknya yaitu terus berkoordinasi dengan tokoh masyarakat,stakeholders terkait maupun pihak perusahaan. Selain untuk melakukan upaya pencegahan, juga untuk melakukan penanganan bila terjadi karhutla.

“Sehingga, bila terjadi karhutla bisa bersama-sama bahu-membahu memadamkan api,” jelasnya.

Topo berharap, kejadian karhutla khususnya di wilayah Kecamatan Sekadau Hilir dan Kabupaten Sekadau umumnya bisa diminimalisir. Mengingat dampak yang terjadi akibat karhutla dikhawatirkan akan menimbulkan kerugian besar.

Topo berharap, kondisi cuaca mendukung dalam meminimalisir terjadinya karhutla. Pihaknya, kata dia, akan terus berkoordinasi dengan lintas sektoral dalam mencegah terjadinya karhutla.

“Jangan sampai muncul kabut asap yang bisa mengganggu jarak pandang baik penerbangan maupun transportasi darat dan lainnya. Termasuk juga dampaknya pada kesehatan,” pungkasnya.

Loading...