oleh

Kapal Feri Saluang Tenggelam karena Muatan Tak Seimbang

Laporan Jurnalis Kalbar : Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar – Terbaliknya kapal Ferry KMP. Saluang Penyeberangan Sungai Asam – Sunyat Kecamatan Belitang Hilir diakui Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi kejadian terjadi sekitar pukul 19.45 WIB, Senin. Dimana lokasi kejadian terbaliknya kapal ferry tersebut di Dermaga Sifat saat akan menyerang ke Sungai Asam.

“Kejadian terjadi sekitar pukul 19.45 wib di dermaga Sunyat Kecamatan Belitang Hilir, kejadian ini bermula pada sekitar pukul 19.30 wib KMP. Saluang telah selesai menyusun kendaraan yang akan menyeberang ke sungai asam kemudian kapal berangkat dari dermaga. Baru beberapa meter dari dermaga kemudian kapten kapal mengembalikan kapal bersandar di dermaga sunyat yang kemudian memberi peringatan melalui pengeras suara di kapal bahwa kapal terlalu miring dan memerintahkan ABK untuk mengatur posisi kendaraan,” ujar Kapolres.

Saat bersandar diakui oleh Kapolres dua unit kendaraan sempat keluar dari kapal Ferry. Namun saat itu kapal ferry tersebut diakuinya sudah mulai miring ke kiri yang menurutnya karena tidak seimbang.

“Setelah bersandar kapal dapat mengeluarkan 2 unit kendaraan jenis mobil box dan Innova. Namun karena kapal semakin miring dan air sudah masuk ke kapal sehingga kapal terbalik ke sebelah kiri dan para penumpang serta ABK dapat menyelamatkan diri dengan melompat ke dermaga dan berenang,” lanjutnya

Ia mengatakan penyebab dari terbaliknya kapal ferry ini karena penyusunan muatan yang tidak seimbang. Sementara untuk kerugian yang diderita secara materil masih sedang dihitung.

“Untuk korban jiwa tidak ada dan kerugian materil sedang dihitung,” katanya

Diakuinya pula telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencarikan  solusi terkait sarana angkutan pengganti nantinya.

“Kita sudah bicarakan dengan pemerintah daerah, terkait solusi untuk sarana transportasi ini. Karena jika kapal ferry ini harus masuk dock kemungkinan bisa memakan waktu hingga sebulan lebih,” pungkasnya.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed