oleh

Bupati Apresiasi Pelaksanaan Pelatihan Tenaga Terampil Jasa Konstruksi

Foto: Pelatihan tenaga terampil jasa konstruksi 

Laporan Jurnalis Kalbar :Yahya Iskandar

TOPIKterkini.com, Kalbar Bupati Sekadau, Rupinus mengapresiasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sekadau yang telah pelaksanaan pelatihan tenaga terampil jasa konstruksi. Diketahui sebanyak 95 peserta yang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan dalam dua angkatan.

“Saya juga mengapresiasi asosiasi jasa konstruksi yang sudah mau ikut serta dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dibidang saja konstruksi untuk mengikuti pelatihan,” ujar Bupati Sekadau, Rupinus usai penyerahan sertifikat yang digelar di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Selasa (11/6).

Rupinus mengatakan, belajar dari pengalaman selama ini pelaksana pekerjaan dibidang jasa konstruksi baik itu PL maupun lelang mengalami kesulitan dalam membuat laporan administrasi. Bahkan ada yang menggunakan jasa pihak ketiga dalam membuat laporan administrasi.

“Jadi, kami mau yang punya perusahaan punya tenaga ahli sendiri dibidang administrasi supaya pekerjaan lancar. Itu suatu keharusan, karena tuntutan zaman, tuntutan aturan semua harus dilakukan. Harus ada sertifikasi,” ucapnya.

Rupinus berharap, kedepan kegiatan tersebut tetap dilaksanakan melalui Dinas PUPR, baik itu tenaga administrasi proyek, maupun tenaga yang sifatnya teknis seperti ahli beton, ahli tanah, aspal dan lain sebagainya. “Karena perkerjaan ini tidak ada habis-habisnya sepanjang akan dibangunnya infrastruktur jalan dan jembatan khususnya di daerah Sekadau,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan aturan yang ada. Bahkan, kata dia, dalam pelatihan tersebut juga dilakukan kerjasama ataumemorandum of understanding (MoU) antara Pemkab melalui Dinas PUPR dengan seluruh asosiasi jasa konstruksi.

“Ini bertujuan untuk percepatan sertifikasi SDM jasa konstruksi di Kabupaten Sekadau,” kata dia.

Selain itu, kata dia, tujuan dilaksanakannya pelatihan itu agar para tenaga terampil jasa konstruksi memahami mekanisme tanggungjawab dalam melaksanakan suatu pekerjaan fisik kegiatan. Kemudian, kata Akhmad, hal itu juga bertujuan untuk tertib administrasi, kuantitas dan kualitas pekerjaan sesuai dengan SOP yang ada.

“Kami membuka ruang, bila ada kendala dalam membuat pelaporan silahkan tanya ke kami,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, sejumlah ketua asosiasi jasa konstruksi dan para peserta pelatihan.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed