oleh

Bubarkan Panwascam, Bawaslu Bantaeng Dapat ‘Pe-er’

Laporan Jurnalis Bantaeng : A M Dg Nappa

Muh Saleh, S.Pdi :  “Dari lubuk hati kami yang paling dalam, mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf jika ada yang tidak berkenaan di hati teman-teman selama bersama kami di Bawaslu”

TOPIKterkini.com—Bantaeng— Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantaeng gelar rapat evaluasi dipenghujung tugas jajaran pengawas Pemilu Kecamatan di Ruang pertemuan Sunrise Kafe, Jalan Dr. Ratulangi, Senin malam 24/6.

 

Pada kesempatan ini Penyelenggara adhoc Pengawas pemilu Kecamatan (Panwascam) dipenghujung tugasnya menyampaikan hasil evaluasi selama kegiatan pengawasan diwilayah masing masing, sejumlah 8 Kecamatan se Kabupaten Bantaeng keluhkan Sumber Daya Manusia yang tidak sebanding dengan luas wilayah, medan maupun jumlah TPS di setiap kelurahan/desa.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng Muh. Saleh akui kelemahan penyelenggara Pemilu tingkat terbawah masih banyak baik pengawas TPS maupun KPPS. Namun kelemahan ini dapat dimaklumi pimpinan, kelemahan bukan hanya faktor sumber daya manusianya melainkan waktu yang diberikan Undang-undang dalam proses perekrutan terbilang singkat, katanya.

 

“Pengawas TPS menjadi manusia super dihari Pemungutan Suara, yang harus mengawasi sedikitnya 5 titik sasaran pengawasan dalam waktu yang bersamaan, belum termasuk tugas mencatat dan melaporkan peristiwa, menceklis DPT pemilih yang hadir, masih ditambah lagi Aplikasi Siwaslu” kata Saleh.

 

Selain itu masih kata Saleh, Bimbingan teknis yang diberikan sebanyak 2 kali dinilainya tidak memadai untuk tugas seberat yang dilakukan penyelenggara ditingkat TPS dengan beban tugas yang begitu berat, jelasnya. Bahkan lanjut Saleh, ada PTPS yang tinggalkan TPSnya dikarenakan KPPS masih bekerja nyaris 2×24 Jam, kata Ketua Bawaslu tanpa menyebut TPS tersebut.

 

Laporan hasil evaluasi yang disampaikan teman-teman Panwascam menjadi bahan laporan akhir penyelenggaraan Pemilu, ucap Pimpinan Bawaslu Divisi PHAL Nuzulia. Lain halnya dengan Divisi Hukum yang dikomandoi Ningsih Purwanti, Divisinya yang masih menangani sejumlah laporan dugaan tindak pidana pemilu tentunya masih membutuhkan informasi dalam upaya penegakan Hukum yang masih bergulir saat ini. “Bantuan informasi, dari teman-teman tentunya masih kami perlukan setiap saat, untuk beberapa kasus yang masih bergulir di Gakkumdu”sebutnya.

 

Diakhir pertemuan Ketua Bawaslu atas nama Pimpinan Bawaslu menyampaikan terima kasih atas dedikasi yang telah ditunjukkan Panwascam. “Dari lubuk hati kami yang paling dalam, mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf jika ada yang tidak berkenaan di hati teman-teman selama bersama kami di Bawaslu”ucapnya, Harapan kami, dengan berakhirnya tugas teman-teman bukan berarti hubungan silaturahmi ikut berakhir. Attensi serta masukan dari teman-teman masih kami butuhkan untuk perbaikan sistim pengawasan dimasa mendatang, pungkas Saleh. (Ar)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed