oleh

Melihat Lebih Dekat Tradisi Robo-robo Masyarakat Semaong 

TOPIKTERKINI.COM, KALBAR Tradisi robo-robo digelar oleh masyarakat di Sekadau, Kalbar. Di Dusun Semaong, Desa Peniti, Kecamatan Sekadau Hilir, misalnya.

Masyarakat setempat memiliki tradisi unik yang digelar setiap tahunnya. Tradisi ini sudah dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat setempat.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jemain mengatakan, dalam tradisi ini masyarakat tidak membawa makanan masing-masing. Warga, kata dia, memasak secara langsung makanan untuk disantap pada acara robo-robo.

“Jadi setiap kepala keluarga itu mengumpulkan uang sebesar Rp 20 ribu dan beras sebanyak 2 canting,” ujar Jemain, Rabu (23/10).

Dengan uang yang terkumpul warga membeli ayam dn sayur serta mie untuk kemudian dimasak. Adapun menu makanan yang disajikan untuk acara robo-robo tersebut adalah ayam dimasak kecap, sayur nangka dimasak santan dan mie disambal.

“Tradisi ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat di sini. Makna kehidupan bermasyarakat sangat lekat dan tradisi ini perlu dipertahankan,” ungkap Jemain.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed