oleh

Venesia yang dilanda banjir akan menghadapi gelombang pasang luar biasa pada hari Minggu

TOPIKTERKINI.COM – MILAN: Venesia akan menghadapi gelombang pasang yang luar biasa pada hari Minggu, setelah banjir terburuk dalam 50 tahun pada Selasa menyebabkan kerusakan lebih dari $ 1 miliar dan menenggelamkan St Mark’s Square di bawah satu meter air.

Pasang dapat mencapai 160 cm (5,25 kaki) tepat setelah tengah hari pada hari Minggu, menurut pusat Venesia untuk perkiraan pasang surut.

“Ini akan menjadi hari yang berat besok, tetapi kami siap,” kata Walikota Luigi Brugnaro pada hari Sabtu saat konferensi pers.

BACA JUGA: Aktris Cantik Jepang Erika Sawajiri ditangkap karena diduga memiliki Narkoba

Pada hari Selasa, ombak memuncak pada 187 cm (6,14 kaki) pada 10,50 p.m. (2150 GMT), hanya di bawah rekor 194 cm yang ditetapkan pada tahun 1966. Dalam kondisi normal, ombak 80-90 cm umumnya dianggap tinggi tetapi dapat dikelola.

Brugnaro, yang telah ditunjuk sebagai komisaris khusus untuk menangani keadaan darurat, pada hari Sabtu mengatakan ia telah menerima tawaran dukungan dari Uni Eropa, dan bahwa Bank Investasi Eropa (EIB) dapat memberikan pinjaman khusus untuk perbaikan.

Walikota mengkonfirmasi perkiraan kerusakan sekitar 1 miliar euro ($ 1,1 miliar). Pemerintah menyatakan keadaan darurat untuk Venesia pada hari Kamis, mengalokasikan 20 juta euro untuk mengatasi kerusakan segera.

BACA JUGA: Israel menyerang sasaran Hamas di Gaza setelah serangan roket

Berbicara pada konferensi pers yang sama, pejabat yang mengawasi karya seni dan bangunan bersejarah Emanuela Carpani mengatakan setengah dari 120 gereja di kota itu telah dibanjiri air garam pada hari Selasa, merusak beberapa lantai mosaik.

“Air adalah kanker yang kerusakannya muncul setelah berbulan-bulan,” kata Carpani, menambahkan bahwa perbaikan pertama untuk gereja-gereja ini dapat menelan biaya 3,6 juta euro.

Pada hari Selasa, Basilika Santo Markus dibanjiri untuk yang keenam kalinya dalam 1.200 tahun, tetapi yang keempat dalam 20 terakhir.

BACA JUGA: Wanita Gigit Kemaluan Pacarnya Gegara Selingkuh

Dengan tiga pasang di atas 140 cm minggu ini, 2019 akan menjadi tahun terburuk untuk pasang tinggi di Venesia sejak 1872, ketika statistik pasang resmi pertama kali diproduksi. (Reuters)

Editor: Farah

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed