oleh

Kongres AS mengesahkan RUU yang melarang pembelian atau penjualan sirip hiu secara nasional

TOPIKTERKINI.COM – WASHINGTON: Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat telah mengesahkan RUU yang melarang pembelian atau penjualan sirip hiu secara nasional pada hari Rabu (20 November).

UU Penghapusan Penjualan Sirip Hiu, yang dipimpin oleh Perwakilan AS Gregorio Sablan dan Michael McCaul, memberikan suara 310-107.

RUU itu berupaya melarang impor, ekspor, kepemilikan, perdagangan, dan distribusi sirip hiu atau produk yang mengandung sirip hiu sebagai upaya untuk menghentikan penurunan populasi hiu.

BACA JUGA: WOw… Pria ini menikah 60 kali dalam 25 tahun dan Berakhir didalam Penjara

Perdagangan sirip hiu global berkontribusi terhadap hilangnya sebanyak 73 juta hiu setiap tahun, kata Aksi Kesejahteraan Hewan dalam sebuah pernyataan pers.

Pendiri Animal Wellness Action, Wayne Pacelle, dalam menyambut langkah tersebut, menggambarkan denda hiu sebagai “boros dan biadab”, mengatakan bahwa hal itu membahayakan spesies dan kesehatan ekosistem.

“Kita seharusnya tidak membunuh gajah untuk gading mereka, badak untuk tanduk mereka atau hiu untuk sirip mereka.

“Ini menurunkan ekowisata berbasis laut dan pengalaman menyelam hiu di seluruh dunia,” katanya.

BACA JUGA: Pria Asal Malaysia dieksekusi Mati oleh Singapura karena perdagangan narkoba

Saat ini, tindakan mendenda hiu dan kepemilikan sirip hiu di atas kapal dilarang di perairan AS di bawah Shark Conservation Act 2010.

Namun, hukum tidak menghentikan perdagangan domestik bagian mereka dan sirip hiu yang berasal dari praktik penangkapan ikan yang kejam di seluruh dunia dijual di AS.

Undang-undang Eliminasi Penjualan Sirip Hiu berupaya untuk menutup celah ini dan mengakhiri kontribusi AS terhadap perdagangan.

Sablan, seorang delegasi dari kepulauan Mariana Utara, mengatakan bahwa tiga wilayah dan selusin negara bagian telah memberlakukan hukum mereka, jadi sudah saatnya DPR bergabung dengan mereka.

BACA JUGA: Video: Pria Anti ISLAM Pukuli dan menginjak-injak Wanita Muslim yang Sementara Hamil Besa Secara Membabibuta

“Adalah harapan saya bahwa Senat bertindak cepat sehingga kita dapat mengakhiri kontribusi kita pada perdagangan global sirip hiu,” katanya.

McCaul mengatakan bahwa kelangsungan hidup predator puncak sangat penting dan RUU itu akan membantu memastikan bahwa mereka akan ada selama beberapa dekade mendatang.

“Kongres telah mengalahkan kekejaman terhadap hewan dengan memilih mendukung UU Penghapusan Penjualan Sirip Hiu,” kata McCaul, seorang perwakilan untuk Distrik 10 Texas. (thestar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed