oleh

HOAKS Raja Gowa Ke – 38 di berhentikan

HOAKS Raja Gowa Ke – 38 di berhentikan
(Oleh: Andi. Agung Iskandar Karaengta Manjapai)

Issu yang beredar video pemberhentian Andi Kumala Idjo jadi raja gowa itu, sama sekali kebohongan
karena pengangkatan raja gowa bukan di lakukan oleh pihak yang mengeluarkan issue tersebut

Raja gowa 38 Andi kumala idjo Karaeng lembang parang batara gowa III Adalah raja gowa yang sah dimana proses pergantian beliau jelas. ketika almarhum Andi maddusila masih menjadi raja gowa 37 sudah mengeluarkan surat wasiat yang menunjuk pengantinya kelak adalah Andi kumala idjo sebagai PATIMATARANG di gowa yang menjadi rajagowa 38, proses ini disaksikan oleh beberapa saksi termasuk istri Andi maddusila Raja gowa ke 37.

Olehnya issue yang mengatakan bahwa Andi Kumala Idjo dipecat dan bukan raja gowa adalah pembohongan besar,
tuduhan yang mengatakan bahwa beliau di pecat karena berbuat kesalahan itu juga tidak jelas, kesalahan apa yang beliau perbuat

Saat ini kerajaan Gowa dibawah pimpinan Andi kumala idjo  telah diakui oleh pemerintah kabupaten gowa dengan bentuk kerja sama mengadakan Accera kalompoang (ritual adat kerajaan gowa) foto diatas adalah foto yang diambil saat acara Accera kalompoan di laksanakan

Apa yang pihak sebelah coba membuat kekacauan informasi tentang kerajaan gowa akan semakin terkucilkan, walau mereka denga berbagai cara dan dalil mereka lakukan. karena masyarak adat kerajaan gowa sangat mencintai Andi kumala idjo dan sangat mendukung beliau sebaga Sombayya ri gowa  Raja gowa 38.

Selain itu Andi kumala idjo telah melakukan hak yang sakral sebagai Raja Gowa yaitu memakai mahkota Raja Gowa (na junjungi salokowa) di depan para bate salapanga dan beberapa anak bate karaeng.

Sementara pesan leluhur bahwa ‘inai nai anjujungi salokowa iya mintu somba” sombayya sombannu tu Gowa.

Dari dasar itu tidak terbantahkan lagi bahwa Andi kumala idjo karaeng lembang parang batara gowa III Adalah raja gowa ke 38 yang sah sebagai pelanjut Raja Gowa ke-37 yang notabene saudaranya sendiri.

Penulis: Andi Agung Iskandar Karaengta Manjapai

Komentar

News Feed