oleh

Topan yang kuat merobek atap, membanjiri bagian-bagian Filipina

TOPIKTERKINI.COM – MANILA: Topan kuat bertiup di seluruh Filipina pada hari Selasa setelah menghantam pantai semalam di provinsi timur, merusak rumah, bandara dan merobohkan tiang listrik setelah puluhan ribu orang melarikan diri ke tempat yang lebih aman.

Topan Kammuri meledak ke kota Gubat di provinsi Sorsogon sebelum tengah malam lalu melesat ke barat melalui provinsi Quezon Selasa pagi, merobek atap, merobohkan daya, dan membanjiri desa-desa dataran rendah.

Kecepatan angin berkelanjutan maksimum 155 kilometer (96 mil) per jam dan hembusan hingga 235 kph (146 mil) saat menuju ke provinsi pulau dan daerah pantai yang terletak di selatan Manila.

Tidak ada laporan langsung tentang kematian atau cedera.

BACA JUGA: 1 Hari pasca Reuni 212, Geranat Asap Meledak di taman dekat Istana Kepresidenan dan melukai 2 Tentara

Hujan deras dan angin Kammuri merusak bandara di kota Legazpi di provinsi Albay, meruntuhkan sebagian langit-langitnya, menghamburkan kursi-kursi di area kedatangan dan keberangkatan dan menghancurkan kaca. Sebagian kota banjir, menurut laporan berita setempat.

Bandara internasional Manila ditutup selama puncak badai, diperkirakan pada tengah hari hingga sore di wilayah ibukota, sebelum topan berhembus ke laut di kemudian hari.

Pejabat memperingatkan gelombang badai dan hujan lebat yang berkepanjangan.

Lebih dari 100.000 warga dievakuasi sebelum topan itu sampai di daratan, menghantam rumah-rumah di pantai dan daerah-daerah dataran rendah yang rawan banjir dan tanah longsor, kata Kantor Pertahanan Sipil.

Penjaga pantai menghentikan perjalanan laut di timur laut, membuat lebih dari 6.000 pelancong bersama dengan ribuan kapal kargo dan perahu kecil di negara kepulauan itu.

BACA JUGA: Seorang Mahasiswi Di Bone Menjadi Korban Pelecehan Seksual

Filipina membatalkan pertandingan tenis di Asian Games Tenggara setelah hujan membasahi lapangan terbuka.

Panitia mengatakan kompetisi selancar angin juga telah ditunda dan acara lain akan ditunda jika diperlukan untuk keamanan tetapi tidak ada rencana untuk memperpanjang pertandingan 11 hari yang dibuka Sabtu.

Provinsi Albay adalah rumah bagi gunung berapi Mayon, yang terkenal dengan kerucutnya yang hampir sempurna dan telah meletus sekitar 50 kali dalam 500 tahun terakhir.

Letusan signifikan terakhirnya adalah pada awal 2018 dan mendorong puluhan ribu orang untuk mengungsi dari desa-desa terdekat.

BACA JUGA: Merokok ditempat Umum Akan di denda 50 Ribu atau dipenjara 3 hari, Mulai Berlaku di Medan

Filipina dihancurkan oleh sekitar 20 topan dan badai tropis setiap tahun dan sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi, menjadikan kepulauan lebih dari 100 juta orang ini menjadi salah satu negara yang paling rawan bencana di dunia. (AN)

Editor: AzQ

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed