oleh

Presiden Jokowi Widodo berupaya mempercepat pembangunan ibu kota yang mirip “Silicon Valley”

TOPIKTERKINI.COM – JAKARTA: Presiden Joko Widodo mengatakan pada hari Rabu bahwa ia telah memerintahkan kabinetnya untuk mempercepat proyek senilai $ 33 miliar untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke pulau Kalimantan yang berhutan sehingga kota baru yang menyerupai “Lembah Silikon” dapat selesai di 2023.

Garis waktu itu setahun lebih awal dari perkiraan semula pemerintah dan Joko Widodo mengatakan dia juga telah memerintahkan pembangunan infrastruktur dasar untuk dimulai tahun depan.

Presiden mengumumkan pada bulan Agustus pemerintah bermaksud memindahkan ibukota administratif ke provinsi Kalimantan Timur, di Kalimantan, pada tahun 2024 untuk meringankan beban berat pada ibukota Jakarta saat ini karena kepadatan penduduk dan polusi.

BACA JUGA: Ledakan Tambang di Cina Barat Tewaskan 14 Orang Penambang

Dia mengunjungi tempat kota baru selama dua hari dari Selasa, mengamati dari helikopter tempat di mana istana negara baru akan dibangun, menurut pernyataan pemerintah.

Dalam sebuah posting Facebook pada hari Rabu, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan membentuk agen baru untuk mengawasi proyek relokasi bulan depan dan kemudian secara resmi akan mengajukan rancangan undang-undang yang mendukung langkah tersebut ke parlemen.

“Seluruh proses, termasuk grand design, saya harap dapat selesai dalam enam bulan. Kemudian, kita dapat melakukan beberapa pembukaan lahan dan pembangunan infrastruktur dasar,” tulisnya di posting, di sebelah foto dirinya berdiri di atas tandus, tanah kumuh di atas bukit.

BACA JUGA: Mesir mengungkap temuan Arkeologis baru yang paling Langka, Patung Raja Firaun yang paling terkenal

Sementara beberapa orang Indonesia senang dengan rencana untuk memindahkan ibukota, beberapa kelompok hijau telah mengkritik proyek ini karena dampak lingkungan yang potensial dan yang lain mempertanyakan bagaimana Indonesia akan mengumpulkan dana untuk membangunnya.

Beberapa organisasi non-pemerintah juga mengatakan bahwa sejumlah politisi nasional dan lokal dengan kepentingan tanah di daerah tersebut dapat mengambil manfaat dari proyek besar tersebut.

Tempat seluas 256.000 hektar ibukota berada di dataran tinggi mengawasi teluk, kata Widodo, mencatat kantor pemerintah akan mulai dibangun tahun depan dan harus siap pada tahun 2023.

Pada hari Selasa, Presiden Joko Widodo menyatakan harapan bahwa ibukota baru itu bisa menjadi “Lembah Silicon berikutnya” karena sekelompok fasilitas penelitian dan inovasi yang dipertimbangkan untuk daerah tersebut.

Dia juga meresmikan jalan tol pertama di wilayah Kalimantan.

BACA JUGA: Raja obat Bius yang Dijuluki ‘MALAIKAT MAUT’ Ditangkap di Dubai

Jakarta, ibukota saat ini dari negara terpadat keempat di dunia, di pulau Jawa, sekarang menjadi rumah bagi 10 juta orang dan tenggelam karena ekstraksi berlebihan air tanah, serta rentan terhadap banjir dan kemacetan lalu lintas. (Reuters)

Editor: Azqayra

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed