oleh

Kelurahan Empoang Menggelar Musrenbang 2020

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO: Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, peran pemerintah lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengabil keputusan, dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses musrenbang. Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa/kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan.

Penyelenggaraan musrenbang merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi.

Musrembang Kelurahan ini merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat di setiap daerah yang akan di adakan pembangunan.

Forum ini melibatkan  masyarakat untuk menyampaikan aspirasi meraka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaiman yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan.

Oleh karenanya Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu melaksanakan Musrembang Kelurahan.

Lagu Indonesia Raya dikumandangkan bertanda sebuah acara akan segera dilaksanakan, terlihat di Aula kantor Kelurahan Empoang  Jl. Kesehatan dan Kegiatan ini di ikuti oleh SKPD,Para kepala Lingkungan,para kader posyandu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Karangtaruna,LSM Pattiro Jeka dan Tema yang dihadirkan adalah ” WARGA AKTIF, PERENCANAAN BERKWALITAS,JENEPONTO SMART ” dan dibuka langsung Lurah Empoang Hasdin Nasri.S.IP.MM yang dihadiri seluruh perangkat kelurahan antara Sek.Lurah Andi Arfan.ST,Kasi Pemerintahan,Kasi Kesos,Kasi Ekbang dan Para staf kelurahan.

Musrembang Kelurahan adalah hasil assesmen paling penting terhadap usulan program yang prioritas dari masyarakat karena apa yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya.

Dalam sambutannya Lurah Empoang Menyampaikan bahwa sedianya acara musrembang dihadiri para anggota dewan kab.jeneponto yang mewakili Dapil I namun sampai acara ini berlangsung tak satupun yang hadir, ini yang kami sangat sesalkan karena kami sangat mengharapkan kehadirannya agar program-program pembangunan skala prioritas dikelurahan Empoang bisa terakomodir serta para undangan yang hadir bisa langsung menyampaikan segala uneg-uneg serta Aspirasi masyarakat.

Lanjut pula‘’Dalam perencanaan usulan-usulan dari masyarakat kami pilih kegiatan prioritas, meski Kelurahan Empoang adalah Kelurahan dengan jumlah paling banyak rukun warganya yaitu 12 Lingkungan maka tetap kami menampung aspirasi setiap rukun warga, agar nantinya aspirasi tersebut dimasa yang akan datang tetap dijadikan usulan.

Menyadari dalam Perencanaan Pembangunan tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang berasal dari Internal dan Eksternal’’, tutur Hasdin Nasri,S.IP.MM (23/01/2020).

Laporan: Andi Arfan Idjo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed