Operasi militer Nigeria menewaskan 120 Teroris

TOPIKTERKINI.COM – NIAMEY: Sebuah operasi gabungan oleh pasukan Nigeria dan Prancis di barat daya Niger menewaskan 120 “teroris” dan menyita peralatan dan kendaraan pembuat bom, kata kementerian pertahanan negara itu Jumat.

Pada 20 Februari “120 teroris telah dinetralkan” dalam operasi di wilayah Tillaberi yang luas di dekat perbatasan dengan Mali dan Burkina Faso, kata pernyataan itu, seraya menambahkan tidak ada kerugian di antara tentara Nigeria atau tentara Prancis.

Menteri pertahanan Niger, Issoufou Katambe memuji “kerja sama … dalam perang melawan terorisme,” menurut pernyataan itu.

Pihak berwenang di wilayah bergolak Tillaberi telah menggenjot pembatasan keamanan, menutup pasar dan melarang lalu lintas sepeda motor setelah serangan oleh kelompok-kelompok jihadis selama bulan Desember dan Januari menewaskan 174 tentara Nigerien.

Keadaan darurat telah terjadi di wilayah ini selama dua tahun terakhir.

Sejak 2015, Niger telah berjuang melawan gelombang serangan jihadis di dekat perbatasan dengan Mali dan Burkina Faso di barat, memperburuk kebutuhan di wilayah Tillaberi dan Tahoua, di mana hampir 78.000 orang telah terlantar.

Prancis tahun ini mengatakan akan meningkatkan kehadiran militernya di wilayah Afrika barat yang bermasalah dengan mengerahkan 600 tentara baru ke operasi 4.500-kuatnya. (AN)

Editor: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *