oleh

MAN Jeneponto Gelar Pemilu Untuk Memilih Wakil Kepala Madrasah

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu Jeneponto menggelar pemilihan umum (PEMILU) secara langsung, bebas, umum dan rahasia. Pemilihan umum secara demokratis ini dilakukan untuk memilih wakil kepala madrasah. (Rabu, 15/07/2020).

Pemungutan suara yang dijadwalkan pukul 10.30 wita ini sempat molor karena terjadi interupsi dari pengawas madrasah namun perbedaan perspektif tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

H.M. Nasir selaku ketua panitia pemungutan suara mengungkapkan jika model demokrasi pemungutan suara ini merupakan amanah dari surat keputusan direktur jenderal pendidikan islam nomor 1531 tahun 2020.
“Dasar hukum kita melaksanakan pemilu ini adalah surat keputusan direktur jenderal pendidikan islam nomor 1531 tahun 2020 yang diterbitkan pada tanggal 16 Maret 2020, sehingga kami dari MAN menganggap perlu merespon surat keputusan tersebut” ungkap guru bimbingan konseling MAN Binamu Jeneponto ini.

Hasil perhitungan suara pemilihan Wakamad MAN Binamu Jeneponto.

H. M. Nasir menambahkan bahwa proses pemungutan suara ini dimulai dari penjaringan bakal calon, kemudian pemilihan calon sampai akhirnya memunculkan nama-nama formateur yang nantinya akan dipilih oleh kepala madrasahnya.
“Ada 4 bidang yang akan dipilih wakil kepala madrasahnya yakni kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana dan hubungan masyarakat. Pemilihan ini dimulai dari penjaringan bakal calon, setelah bakal calon terjaring kemudian ditetapkan sebagai calon dilanjutkan dengan memilih formateur masing-masing bidang sebanyak 3 orang tiap bidang, yang memimilih adalah seluruh guru MAN Binamu, kemudian formateur yang terpilih inilah yang akan diajukan kepada kepala madrasah untuk kemudian dipilih 1 orang tiap bidangnya untuk menjabat wakil kepala madrasah “, ungkap guru senior MAN Binamu Jeneponto ini.

Dari pantauan awak media pemilihan Wakamad MAN Binamu Jeneponto berlangsung dengan sangat demokratis dan penuh suasana kekeluargaan.(***) 

Komentar

News Feed