oleh

Sanksi Pelanggar Protkes, Tunggu Regulasi

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Tim Gugus gugas tugas percepatan penanganan Covid-19 bakal terapkan sanksi bagi pengunjung dan pedagang dikawasan yang ditetapkan sebagai kawasan wajib masker. Hal ini dikatakan ketua Tim GTPP Covid Bantaeng Dr. Ilham Syah Azikin di kawasan pusat kuliner Pantai Seruni, Jum’at 17/7/2020.

Ketua Tim GTPP Covid yang juga Bantaeng ini tetap berharap bahwa Aktivitas ekonomi dan sosial, bisa berjalan secara tertib dan tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Ketua Tim GTPP Covid-19 Dr. Ilham Syah Azikin pantau penerapan Protkes di Pantai Seruni, 17 Juli 2020.

“selama tujuh minggu kita sudah bisa bertahan dalam posisi Zero”, ungkap Bupati, tapi hari ini lanjutnya, kasus positif covid semakin meningkat, tidak ada jalan lain selain disiplin terhadap protokol kesehatan, dan penerapannya harus tegas.

Setelah berkunjung kebeberapa titik, Seruni ini menjadi salah satu tempat yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus. “Menegakkan protokol kesehatan harus disiplin dan Ini membutuhkan dukungan semua pihak” jelas Ilham.

“Sambil menunggu Payung hukum dari regulasi itu, akan dilakukan secara parsial (bagian) dulu, selanjutnya akan menetapkan dimana kawasan-kawasan yang wajib menggunakan masker” kata Ilham.

Menurut Bupati harus ada Perda yang bisa memayungi aturan-aturan itu karena penegakan disiplin juga kan pasti membutuhkan sanksi.

Dia juga mengatakan kalau namanya penegakan disiplin biasanya ada sanksi, ada reward, itu harus dipayungi dengan Perda. kalau perbup, itu sifatnya himbauan, tambahnya.

Untuk itu dia juga sudah sampaikan kepada pedagang-pedagang agar secara masif Ingatkan pengunjungnya untuk tidak merubah posisi tempat duduk (kursi,red), Kalau tidak mau diingatkan lebih bagus diminta mencari tempat yang lain, yang lebih bagus (diluar kawasan wajib masker,red), kata Ketua Tim.

Ketua Tim GTPP Covid yang juga Bupati Bantaeng ini hanya memberi dua pilihan bagi pengunjung kawasan wajib masker “Lebih baik kita kehilangan satu pelanggan daripada berdampak kepada pelanggan pelanggan yang lain” ucapnya kepada pedagang.

Bagi pedagang yang tidak patuh pada Protkes dia juga dengan tegas memberi pilihan, “Saya sudah sampaikan tadi Hanya dua pilihan ikuti aturan protokol kesehatan atau kita akan tutup kembali” tegas Ilham.

Pada kesempatan yang sama Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Abdullah

Ditempat yang sama Hamka salah seorang pedagang di kawasan pantai Seruni, yang ditemui, hari ini Sabtu 18/7/2020, mengaku bersedia mengikuti semua aturan, jika regulasinya memang sudah ada.

“Kami (pedagang, Red) sepakat dan bersedia jika kewajiban yang dimaksud ketua Tim GTPP Covid itu sudah ada regulasinya”, kata Hamka. Dia juga berharap petugas yang menjalankan aturan tidak pilih tebang, harapnya.
Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed