oleh

Wabup Tolitoli : HINDARI PERILAKU YANG DAPAT MENYEBABKAN PENULARAN VIRUS HIV/AIDS.

Topikterkini.com. Tolitoli – Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Tolitoli, kamis pagi (13/8) melaksanakan rapat koordinasi pemantapan program penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Toliitoli.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding selaku Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tolitoli di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli.
Penyelenggaraan rapat koordinasi itu, mengangkat tema Dengan Semangat kebersamaan, kita wujudkan Tree Zero (Zero New HIV Infection, Zero Stigma And Discrimination, Zero AIDS Releated Death) di Kabupaten Tolitoli.

Ketua Panitia Rakor Nuraini Hi. Ukum, BSc menyampaikan bahwa tujuan dan hasil yang akan dicapai dalam pertemuan ini adalah adanya peran aktif setiap perangkat daerah khususnya sektor terkait dalam upaya pengendalian HIV-AIDS di Kabupaten Tolitoli atau paling tidak menyusun Program HIV/AIDS dan dapat mengalokasi anggaran untuk kegiatan program penanggulangan HIV /AIDS di perangkat daerahnya masing-masing.

Sementara itu, saat menyampaikan sambutannya, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding berharap rakor yang digelar ini mampu memberikan manfaat besar dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Tolitoli, menurutnya penanggulangan AIDS tidak hanya semata-mata dilakukan oleh Komisi yang telah dibentuk, akan tetapi memerlukan kerja sama dan sinergitas dengan berbagai pihak sehingga menjadi komitmen bersama dalam meminimalisir jumlah kasus HIV-AIDS di daerah tercinta ini.

Wakil Bupati juga menjelaskan, selain Covid-19 yang saat ini sedang melanda dunia termasuk Indonesia, HIV-AIDS juga merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan, karena begitu berbahayanya penyakit ini, _World Health Organization_ (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia telah menetapkan tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS Internasional dan di Indonesia sudah sejak lama telah dibentuk Komisi Penanggulangan AIDS Nasional di tingkat Pusat sampai ke tingkat Kabupaten dan Kota.

Pada kesempatan rapat koordinasi itu Wakil Bupati Hi Abdul Rahman Hi Budding selaku Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tolitoli mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Tolitoli melalui KPA, khususnya masyarakat yang terdeteksi untuk rajin mengunjungi petugas kesehatan guna memeriksakan diri sekaligus meminta obat untuk dikonsumsi, selain itu bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli agar menghindari perilaku yang dapat menyebabkan penularan virus HIV/AIDS.

Rapat koordinasi yang berlangsung selama lebih dari 2 jam itu selanjutnya dipimpin oleh Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg. Mallawa, SE selaku moderator.

Laporan : Junus.L

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed