oleh

Dr. H. Ajiep Padindang, SE., MM. Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Wajo

TOPIKTERKINI.COM – WAJO : Sosialisasi Empat Pilar MPR RI berlangsung di Gedung PGRI Kabupaten Wajo, Senin (16/08/2020). Pemantik sosialisasi, Anggota MPR RI Dr. H. Ajiep Padindang, SE.,MM., dan dihadiri unsur Pimpinan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo dan Narasumber Ketua Yayasan Budaya Wajo, Drs. Sudirman Sabang, diikuti 150 orang peserta. Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, Sosialisasi dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan dan dibagi ke dalam dua tahap untuk menghindari kerumunaan massa dalam jumlah besar.

Materi sosialisasi yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., dalam pengantarnya sebelum membuka acara Sosialisasi secara resmi mengatakan, MPR RI terus mencari model sosialisasi Empat Pilar yang lebih efektif dan menyenangkan.

“Negara kita memiliki Pancasila sebagai Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara, harus terus disosialisasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”, sambung Ajiep – mantan anggota DPRD Prov. Sulsel yang mengulas satu persatu materi Empat Pilar MPR RI tersebut.

Setelah penyajian materi oleh Anggota MPR RI, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Salah satu Pertanyaan dan menarik perhatian adalah, di era Pandemi Covid-19 ini, dapatkan nilai-nilai Pancasila diterapkan untuk menangani dan mengatasi penyebaran Covid-19 tersebut?

Mendengar pertanyaan dari salah seorang penanya, Anggota MPR RI, Ajiep Padindang menjawab, kita meyakini bahwa nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila-sila Pancasila tersebut bersifat universal. Nilai-nilai Pancasila merupakan sumber nilai bagi tertib hukum, sosial, budaya, dan ekonomi di Indonesia, juga sebagai sumber norma moral bagi penyelenggaraan kenegaraan di Indonesia, terutama dalam masa Pandemi Covid-19 ini dan memasuki kehidupan adaptasi kebiasaan baru. Nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam sila-sila Pancasila tentunya perlu tertanam di setiap hati masyarakat Indonesia.

“Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman dan patokan dalam bernegara dan bermasyarakat bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam kondisi pandemi corona saat ini, tentunya nilai-nilai Pancasila memberikan lebih penyadaran spiritual bagi kita, menumbuhkan nilai empati, tenggang rasa dan cinta bagi sesama, menjadi perekat bagi persatuan bangsa Indonesia, menjadi penyejuk dalam kita bernegara dan bermasyarakat, dan memberikan keadilan sosial serta kesejahteraan dalam berkehidupan bernegara” pungkas Anggota MPR RI bergelar Doktor tersebut.

Penulis : RK
Editor   : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed