oleh

Pangdam XII/Tpr : Tugas Prajurit Penerangan manyampaikan Informasi yang Benar Kepada Masyarakat

TOPIKTERKINI.COM, KALBAR – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan motivasi dan pengarahan kepada 22 peserta Penataran Public Speaking satuan jajaran Kodam XII/Tpr Tahun Anggaran 2020 di Ruang Yudha, Makodam XII/Tpr, Selasa (25/8/20)

Dalam arahannya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, bahwa kedepan penerangan akan menjadi salah satu tugas utama Angkatan Darat. Untuk itu diperlukan orang – orang yang berkompeten untuk mengawaki atau membidangi tentang fungsi penerangan tersebut.

“Dengan perubahan paradigma seperti itu, maka menjadi suatu kesempatan kehormatan prajurit yang ditugaskan oleh satuan – satuan untuk bagaimana berkiprah di penerangan,” kata Pangdam.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menyampaikan, saat ini peranan media sangat mempengaruhi sendi – sendi kehidupan. Oleh karena itu terkait dengan tugas pokok sebagai prajurit TNI yang memiliki fungsi penerangan, harus bisa menyampaikan suatu pesan kepada masyarakat.

“Karena masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan informasi. Pada era demokrasi ini keterbukaannya adalah bahwa masyarakat memiliki hak memperoleh informasi,” ujar Pangdam.

Untuk itu, kata Pangdam XII/Tpr insan penerangan jajaran Kodam perlu dibekali teknik dan tehnis untuk mengemas informasi tentang kegiatan – kegiatan satuan utamanya kegiatan dibidang teritorial sehingga layak disampaikan kepada masyarakat.

Kedepan tantangan yang harus dihadapi adalah perang opini. Untuk itu insan penerangan harus mampu membuat pemberitaan yang pesannya dapat sampai dan opini dapat terbentuk di masyarakat tanpa harus mencederai orang lain dan harus berdasarkan fakta.

“Saya mengharapkan apa yang anda sudah terima dari pembekalan ini bisa dikembangkan di satuan masing – masing. Ilmu – ilmunya yang didapatkan agar disebarluaskan lagi kepada rekan prajurit yang lain sehingga semakin banyak orang yang mengetahui tentang penerangan ini juga akan semakin banyak prajurit yang memiliki kemampuan penerangan,” harap Pangdam mengakhiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed