oleh

Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakatnya Lurah Sidenre Gelar Pelatihan Pengolahan Rumput Laut

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO- Kepala Pemerintahan Kelurahan Sidenre Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto kembali menyelenggarakan pelatihan bagi warganya, setelah pelatihan menjahit beberapa waktu lalu, saat ini pelatihan pengolahan rumput laut sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat kelurahan dia gelar. (Rabu, 19 Agustus 2020)

Rizal Arisandy selaku Lurah Sidenre dalam sambutannya mengungkapkan maksud pemilihan program pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan pengelolaan Rumput Laut
“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai jual dari rumput laut sangat melimpah di Kel. Sidenre apalagi jika harga rumput laut sedang murah, masyarakat dapat mengkonversinya menjadi produk bernilai ekonomis tinggi yang nantinya mampu membantu perputaran ekonomi keluarga ” ungkapnya.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pattiro Jeka ini melibatkan 30 orang yang terdiri dari ibu rumah tangga dan pelaku usaha rumah tangga.
Direktur LSM Pattiro Jeka selaku mitra kerja kelurahan menuturkan model kegiatan yang diluncurkan ini berorientasi pada ketahanan keluarga.
“Setelah kita membekali peserta pengetahuan usaha, tentu kita harus memberikan wadah berhimpun untuk mereka berbagi membentuk kelompok usaha bagi peserta yang nantinya akan menjadi dampingan Pattiro Jeka dan OPD terkait. Mudah-mudahan dengan bekal ilmu dan kelompok usaha masyarakat yang sudah dibentuk dapat meningkatkan ketahanan keluarga terlebih dimasa pandemi” tutup Suryani Hajar.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula Kantor Kelurahan Sidenre ini menghadirkan tiga narasumber yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Jeneponto yang dikomandoi Aisyah Yakub yang memberikan materi pengelolaan rumput laut menjadi pangan dan kripik, pemateri kedua praktisi usaha kelompok KSM Usaha Maju Camba- Camba Sunarti Jafar dengan materi kiat sukses usaha kelompok dan dari Pattiro Jeka Haerullah Lodji yang membawakan materi pengelolaan keuangan keluarga di masa pandemi covid-19.

Pada kegiatan tersebut dilangsungkan pula penyerahan hadiah dan sertifikat kepada peserta terbaik, paling aktif, paling heboh dan paling tua dari Kepala Kelurahan Sidenre yang diserahkan saat penutupan kegiatan tersebut.

Dari laporan pewarta dilapangan kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Binamu M. Emil Ilyas(***) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed