oleh

Pastikan Patok Tidak Bergeser, Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru Patroli di Perbatasan

TOPIKTERKINI.COM, KALBAR – Guna memastikan patok kedua negara RI – Malaysia, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Beruang bersama Kopassus menyusuri Jalur Inspeksi dan Patroli Perbatasan (JIPP) yang berada di sektor kanan dan kiri PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau.

Patroli gabungan yang digelar tersebut selain untuk memastikan letak patok batas kedua negara, juga untuk mengenalkan medan perbatasan RI-Malaysia kepada personel Kopassus.

Dalam keterangannya, Dansatgas Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menuturkan, patroli bersama ini dilakukan untuk memberikan gambaran nyata tentang kondisi alam perbatasan Kalimantan Barat dan Negara Malasyia.

“Pengecekan patok perbatasan merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas sebagai penjaga perbatasan,” katanya Jum’at (28/8/20)

Selanjutnya Dansatgas juga mengatakan, patroli ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-Malaysia dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang sering melaksanakan praktek illegal.

Masih kata Dansatgas, selain itu juga, kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan emosional antara kedua satuan yang sudah terjalin sejak tahun 2013 di saat pembentukan pasukan Raider yang dilakukan di Pusdiklatpassus Batu Jajar, Jawa Barat.

“Kopassus sebagai pelatih yang menggembleng prajurit Yonif 641/Bru kala itu sehingga dinyatakan lulus dan berhasil memiliki kualifikasi Raider. Sehingga menjadi Yonif Raider 641/Bru,” pungkasnya mengakhiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed