oleh

Dr. H. Ajiep Padindang., SE.,MM., Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) di Kab. Bone

TOPIKTERKINI.COM, MAKASSAR — Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang,SE.,MM., melakukan Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) di Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dengan tema “Penataan Sistem Hukum Dan Peraturan Perundang-Undangan Berdasarkan Pancasila Sebagai Sumber Segala Sumber Hukum”.

DPM berlangsung di Ruang Pertemuan Masyarakat Kec. Sibulue (05/11/2020), di hadiri dari kalangan pemuda sebanyak 150 orang sebagai peserta pun Sekcam Sibulue Andi Amry Amin, Danramil, perwakilan Polsek, Ketua Karang Taruna Sibulue Harianto. DPM dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan. Hal ini dilakukan karena masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Sebelum membuka acara, Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI, Ajiep Padindang menyampaikan bahwa DPM adalah program MPR RI untuk memasyarakatkan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. DPM juga dimaksudkan untuk memperoleh masukan masyarakat terkait Penataan Sistem Hukum Dan Peraturan Perundang-Undangan Berdasarkan Pancasila Sebagai Sumber Segala Sumber Hukum.

“Penataan sistem hukum merupakan upaya perbaikan tata hukum guna memperbarui hukum positif ke arah yang lebih baik. Penataan sistem hukum nasional harus didasarkan pada Pancasila sebagai dasar negara dan UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi Negara” kata mantan Anggota DPRD Sulsel 4 periode tersebut.

Saat sesi tanya jawab, salah satu pertanyaan dari peserta adalah kondisi sistem hukum nasional. Menjawab pertanyaan tersebut, Anggota MPR RI, Ajiep Padindang mengatakan suatu hal yang harus diperhatikan bahwa pembangunan di bidang hukum harus berdasar atas landasan cita-cita yang terkandung pada pandangan hidup, kesadaran dan cita -cita yang luhur yang meliputi suasana kejiwaan serta watak dari bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945.

“Hukum sebagai perwujudan nilai-nilai mengandung arti bahwa kehadirannya adalah untuk melindungi dan memajukan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya” sambung Anggota MPR RI bergelar Doktor tersebut.

Beberapa Pertanyaan lainnya yang diajukan peserta DPM, semuanya dijawab oleh Anggota MPR RI dalam sesi diskusi. Setelah sesi diskusi berakhir, DPM ditutup oleh Anggota MPR RI Ajiep Padindang dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Penulis: Rachim Kallo
Editor : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed