oleh

Bimbingan Teknologi EDM dan ERKAM KEMENTERIAN AGAMA

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO | Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Sie. Pendma) dan Tim Inti Kabupaten (TIK), serta Pendamping Penerapan EDM dan E-RKAM menggelar kegiatan sosialisasi penerapan Elektronik Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (e-RKAM) untuk akuntabilitas dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Aula MTs.N 1 Jeneponto Lantai 2, Senin (07/12/2020).

Bimbingan Teknologi EDM dan ERKAM KEMENTERIAN AGAMASosialisasi dibuka langsung oleh Kasie. Pendma Kementerian Agama Kab. Jeneponto, Drs. Abdul waris, M. dan
M. Amiruddin, S.Ag, M. PdI serta Noor Aina, SE. Sebagai Staf pada pendidikan Madrasah Kantor kementrian Agama Kab. Jeneponto.Dalam acara Bimtek Rombel 3 tersebut hadir pula 42 peserta yang terdiri dari kepala madrasah, bendahara dan staff madrasah.
Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam sambutannya melalui audio mengatakan, bahwa untuk mengatasi keterbelakangan Madrasah, Kemenag mendapatkan bantuan pinjaman world bank selama 5 Tahun.
Bantuan tersebut digunakan untuk satu proyek yang dinamakan Realizing Education Promise-Madrasah education Quality reform (REP).
“Pada kesempatan ini saya yang mendapat amanah sebagai proyek manager/ Ketua proyek management unit, mempunyai kewajiban untuk menjelaskan secara umum tentang proyek ERP-MEQR tersebut”, jelasnya.
Perlu diketahui, bahwa kegiatan yang kita laksanakan saat ini, kata Menag RI, yaitu Bimbingan Teknis kepada fasilitator EDM Dan ERKAM terkait dengan yang 1-16 sub komponen proyek.
“Masih banyak kegiatan terkait dengan 15kegiatan yang lain masing masing berdiri sendiri, melainkan saling terkait menuju arah yang sama terjadinya reformasi kualitas pendidikan madrasah”, katanya.
Oleh karena itu, tambahnya, jika saat yang lain bapak dan ibu terlibat didalam proyek yang sama namun kegiatannya berbeda, hendaknya bapak ibu pandai pandai memahami posisi kegiatan tersebut yang merupakan bagian dari komponen atau sub komponen yang mana terkait dengan dua komponen tersebut.
“Salah satunya adalah pelaksanaan ERKAM( Rencana kerja dan anggaran Madrasah berbasis elektronik. Secara Nasional dan pemberian dana bantuan madrasah”, ungkapnya.
Dalam kesempatan itu Drs. Abdul waris.M
menjelaskan bahwa bimtek E-RKAM dan EDM tersebut merupakan langkah awal Kementerian Agama RI, yang rencananya akan menerapkan sistem elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun 2021.
“Sistem yang mulai diinisiasi sejak Tahun 2018 ini diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan dana BOS yang lebih efisien, transparan, dan akuintabel”, jelas Waris.
Dalam paparannya Drs. Abdul waris.M , mengatakan akan pentingnya aplikasi E-RKAM sebagai media transparansi rencana kerja Madrasah, E-RKAM juga merupakan sistem informasi pengelolaan pendapatan dan belanja madrasah.
Keberadaan e-RKAM, jelas Waris, bertujuan untuk meningkatkan kualitas belanja BOS. Maka, target akhir sistem e-RKAM ini adalah peningkatan efisiensi dan efektifitas belanja dan pelaporan BOS.
“Dengan diterapkan aplikasi E-RKAM nanti, pelaporan BOS nanti bisa efesien karena bisa dilaporkan secara online, sehingga tidak harus bolak balik ke kantor setiap kali ada revisi”, tegasnya.

Laporan: Nasrullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed