oleh

Pembangunan Infrastruktur di Desa Lebangmanai Utara Libatkan Warga Setempat

TOPIKTERKINI.COM, JENEPONTO — Pembangunan infrastruktur di Desa Lebangmanai Utara, Kecamatan Rumbia, Jeneponto, melibatkan masyarakat setempat dengan program padat karya tunai (PKT). Program yang dianggarkan dari dana desa itu dalam rangka mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Lebangmanai Utara, Ahmad Nuru mengatakan. Dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur di tingkat desa, mereka menerapkan program PKT. Dimana, dalam proses pembangunan melibatkan masyarakat sekitar. “PKT itu merupakan upah harian orang kerja (HOK)”, kata dia, Senin (14/12/2020).

Menurut Ahmad Nuru, program padat karya tunai merupakan upaya dalam menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Dimana, akhirnya untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

“Dengan PKT itu agar dapat memberikan kesempatan kerja dan tambahan upah kepada masyarakat miskin desa. Masyarakat tidak hanya sekedar menonton saja,” ujarnya.

Sementara Sekertaris Desa Lebangmanai Utara mengatakan, Pemdes Lebangmanai Utara melaksanakan pembangunan infrastruktur sebanyak 5 Item kegiatan, yakni pembangunan Posyandu di Dusun Jenetallasa, Pos Paud di Dusun Kancuna, galian drainase menggunakan alat berat ekskavator di Dusun Tombolo, MCK Umum 18 item tersebar di 6 Dusun, Paving 2 titik, yaitu dusun Jenetallasa 160 meter dan di dusun Lompo Depa 217 meter. Di Dusun Jenetallasa Dan Dusun Lompo Depa paket dengan drainase 50 meter, tanggul 50 meter dan plat Dekker.

“Semua kegiatan yang didanai dari anggaran Pemerintah Pusat itu kita laksanakan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini agar pemanfaatan dana desa tersentuh langsung ke masyarakat,” kata dia.

Ahmad Nuru menambahkan, pihaknya dalam melaksanakan pembangunan selalu mengutamakan program PKT. Hal ini dilakukan sesuai arahan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Pemerintah Kabupaten Jeneponto .

“Sesuai intruksi dari Pemerintah Pusat dan Pemkab Jeneponto, pelaksanaan pembangunan desa harus mengutamakan PKT. Setelah dilaksanakan, memang sangat mempengaruhi tingkat ekonomi masyarakat sekitar,” Ucap kepala Desa Lebangmanai Utara.

Penulis : Muh. Yusuf Putra
Editor   : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed