oleh

Pengurus PWI Banggai Dikukuhkan

TOPIKTERKINI.COM, BANGGAI – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng, Mahmud Matangara, mengukuhkan pengurus PWI Kabupaten Banggai, Sabtu pagi (19/12/2020), pukul 10.00 Wita bertempat di salah satu Hotel Kota Luwuk.

Kepengurusan PWI Banggai periode 2020 – 2023, ketua diamanahkan pada tokoh senior pers Banggai Iskandar Djiada. Sementara jabatan sekretaris kepada Mulyadi T Bua dan bendahara Muh Saleh.

Pengukuhan kepengurusan PWI Kabupaten Banggai ini berdasarkan surat keputusan (SK) Nomor: 179-PKU/PP-PWI/2020 tentang pengukuhan pengurus PWI Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah. Surat Keputusan  tersebut di tandatangani oleh Ketua Umum Atal S Depari, Ketua Bidang Organisasi, Zulkifli Gani Otto dan  Sekretaris Jenderal, Mirza Zulhadi.

Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara dalam sambutanya menyampaikan, terbentuknya PWI di Kabupaten Banggai merupakan satu hal yang positif untuk seluruh kegiatan jurnalis secara baik di daerah ini.

“Saat ini pers  merupakan pilar ke empat demokrasi olehnya eksistensi dan keberadaan pers  merupakan salah satu elemen dalam mendukung program pembangunan selain fungsi sosial control,”kata Mahmud matangara.

Mahmud juga mengingatkan, dalam menjalankan kerja Jurnalis diharapkan untuk tetap menjaga kode etik yang diatur dalam undang undang Pers Nomor: 40 tahun 1999. Olehnya Jurnalis dituntut menjaga Netralitas dan independensinya.

“jurnalis itu sangat mengharapkan komunikasi yang baik, seorang pejabat dikenal baik untuk bukan nanti pejabat itu memberikan sesuatu. tetapi kami (jurnalis) mengharapkan komunikasi, koordinasi dan berkolaborasi yang baik terjalin” ujarnya

“Seorang jurnalis di kenal bukan karena dia mampu membangun kedekatan dengan pejabat,  seorang Jurnalias di kenal dengan karya tulisannya”

PWI Sulteng telah menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Banggai. Tujuan UKW untuk mencegah kerja wartawan yang abal abal.

“wartawan yang belum bersertifikasi bisa di tolak oleh narasumber dan itu telah diatur oleh Dewan Pers” ujarnya.

Diakhir sambutanya, pengurus PWI Banggai yang baru saja dilantik dapat bekerja lebih baik dan membawa marwah wartawan di daerah ini lebih maju.

Bupati Banggai Herwin Yatim mengatakan, dengan di kukuhkanya pengurus PWI yang baru telah menunjukan kebangkitan wartawan Banggai. Bupati Herwin juga berjanji akan mengembalikan memberikan kembali fasilitas wartawan yang pernah di sediakan.

“Mumpung saya masih Bupati akan kembalikan gedung tersebut. Kalau kemudian teman teman pers dan sepakat ada ruang khusus pers yang disediakan di kantor Bupati maupun di kantor kantor OPD lain. Sehingga tidak akan ada berita hoaks dan berita liar” ujarnya

Bupati Herwin mengaku miris ketika membaca sajian berita – berita tanpa konfirmasi. Padahal seorang jurnalis dalam menulis berita harusnya ada konfirmasi karena itu bagian dari kode etik.

“saya berharap kepada teman – teman jurnalis dalam menyajikan suatu berita, tolong etikanya  selalu di ingat. Sehingga tidak menjadi satu berita yang menjadi polimik, saya kira itu yang menjadi peringatan buat kita “pesan Herwin.

Pengukuhan itu dihadiri oleh Bupati Herwin Yatim, Ketua DPRD, Suprapto, Dandim 1308/LB, Letkol Inf Fanny Pantouw di wakili Pasiter Kapten Inf, Agustinus Pajeko, Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie diwakili Kasat Binmas, pimpinan media cetak on line dan lebih dari 30 wartawan.

Liputan : Amad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed