oleh

39 TIM Madrasah Mengikuti Bimbingan Teknologi Penerapan EDM dan e-RKAM Kementerian Agama Rombel 6

TOPIK TERKINI.COM – Jeneponto: Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto melalui Drs. H.Baharuddin Awing, MM ( Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Jeneponto ) di dampingi oleh Drs. Abdul Waris, MM dan Amiruddin, S.Ag, M.Pdl (Pengawas Madrasah kemenag Jeneponto) serta Noor Aina, SE ( Staff Seksi Pendidikan Madrasah) sekaligus fasilitator TIK Kabupaten Jeneponto menggelar kegiatan penerapan EDM dan e-rkam ( Elektronik Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah ) di ruang lab Gedung MTs Nurul Iman Tarowang Jeneponto, Senin (04/01/2021).

39 TIM Madrasah Mengikuti Bimbingan Teknologi Penerapan EDM dan e-RKAM Kementerian Agama Rombel 6Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Drs. H.Baharuddin Awing.MM
Dalam sambutannya, jika hal ini sudah diterapkan di madrasah maka, madrasah akan menjadi hebat dan bermartabat sehingga mampu menyaingi sekolah-sekolah yang berada disekitarnya.” ungkapnya

Kemudian secara terpisah, fasilitator Drs Abd.Waris.MM mengatakan bahwa penerapan EDM dan e-RKAM dimadrasah, diharapkan memudahkan pihak madrasah dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu madrasah secara tepat sasaran yang ditandai dengan meningkatnya capaian pembelajaran siswa di madrasah.

setelah pembukaan tersebut terlaksana. Maka dilanjutkan pemberian materi oleh fasilitator TIK kabupaten yaitu, Drs. Abdul Waris, MM dan Amiruddin serta Noor Aina, SE, memberikan materi bimtek yang terdiri dari 10 topik, diawali materi dengan menggunakan Goegle Suite For Education, tentang pengenalan dan penggunaan aplikasi darim keduanya.

Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM ini adalah proyek Realizing Education Promise-Madrasah Education Quality Reform ( REP-MQER ) IBRD loan Number 8992-ID bertujuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan di madrasah. Proyek ini akan dilaksanakan untuk seluruh madrasah pada semua jenjang di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/ Kota diseluruh Indonesia secara bertahap, mulai tahun 2020 hingga tahun 2024.

Sesuai dengan Project Apprasial Document (PAD) bahwa salah satu kegiatan ada proyek 1 adalah penerapan rencana kerja dan anggaran madrasah berbasis elektronik (e-RKAM).Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkualitas yang didasarkan pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yabg mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Kegiatan ini bertujuan agara madrasah dapat mengalokasikan secara tepat sumber dana seperti dana BOS untuk kegiatan yang mendorong SNP. Penerapan e-RKAM juga akan memungkinkan pemberian bantuan pada proses pemantauan dilapangan disemua jenjang, antara lain Kabupaten, Provinsi, serta Pusat.

Dalam acara Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM Rombel 6 tersebut, hadir pula 39 Tim peserta Madrasah yang mengikuti kegiatan tersebut.

Laporan: Nasrullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed