oleh

Hindari Konflik, Pemkab Takalar Gelar Rapat Penyelesaian Sengketa Tanah

TAKALAR, TOPIKterkini.com – Guna memanimalisir sekaligus menghindari terjadinya perseturuan lahan ditengah masyarakat, pemkab Takalar melalui dinas lingkungan hidup dan pertanahan (DLHP) menggelar rapat tim penyelesaian sengketa, konflik dan perkara pertanahan.

Rapat rapat digelar di Sekretariat daerah dipimpin langsung, Sekda Takalar, Drs H Arsyad Taba didampingi Asisten 1 Bidang pemerintahan, Andi Ridjal Mustamin, Selasa (19/01/2021).

“Dalam tiga bulan terakhir ini, banyak sengketa lahan yang terjadi di Takalar, olehnya itu kita rapat hari ini untuk duduk bersama saling memberikan saran seperti apa progres ke depan yang akan kita lakukan sebagai pemerintah kabupaten,” kata Sekda Takalar H Arsyad Taba.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Takalar juga mensosialisasikan surat keputusan Bupati Takalar nomor 463 tahun 2020 tentang Tim penyelesaian sengketa, konflik dan perkara pertanahan di kabupaten Takalar.

Lebih jauh, H Arsyad Taba menegaskan bahwa rapat ini dilaksanakan agar seluruh steakholder mengetahui seperti apa yang harus pemerintah lakukan jika ada aset pemerintah di wilayah kecamatan yang diklaim oleh masyarakat.

“Camat harus berperan aktif ke masyarakat untuk membicarakan secara musyawarah, dan Camat harus mengantisipasi lebih awal, mengidentifikasi untuk mengetahui riwayat tanah agar lebih mudah untuk menyelesaikan sengketa,” papar Arsyad Taba.

Sekda Takalar dihadapan sejumlah Camat dan beberapa kepala bagian sekretariat daerah untuk memberikan saran, agar mendapatkan solusi atas sengketa tanah yang terjadi di kabupaten Takalar dan juga diharap adanya integritas dengan aparat hukum.

(Red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed