oleh

TBM Sahabat Alam Dapat Kunjungan Tim Djnas Perpustakaan Takalar.

Topikterkini.com-Takalar- Taman Belajar Masyarakat (TBM) “Sahabat Alam” di Desa Paddinging, mendapat kunjungan dari Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dinas Perpustakaan Kabupaten Takalar, Selasa, (9/03/2021).

Tim terdiri dari Zainuddin Detol SE, MM, bersama rekannya. Tujuan kunjungan kali ini untuk memonitoring kegiatan TBM “Sahabat Alam” dalam pemanfaatan sarana bantuan inklusi berupa buku dan komputer dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulsel.

Dalam kunjungannya, Zainnudin menyampaikan bahwa salah satu hal yang penting terus dijaga adalah membuat penampilan TBM menarik sehingga masyarakat mau datang untuk membaca. Juga disampaikan pentingnya membuat ciri khas yang menjadi pembeda sekaligus daya tarik TBM

Pendiri TBM “Sahabat Alam”, Irmawati Daeng So’na, menyampaikan latar belakang lahirnya nama “Sahabat Alam”. Katanya, itu sebagai cara agar anak-anak bisa mencintai lingkungan dan mampu mempertahankan kelestarian Desanya.

Upaya membangun kepedulian dan daya kritis ini, agar tidak ada lagi pertambangan yang terjadi seperti 10 tahun terakhir ini Desa Paddinging.

Pasalnya, pertambangan golongan C telah menghilangkan sebanyak lebih dari 53 hektare sawah produktif di Paddinging.

Irma yang juga pegiat lingkungan dan pemerhati anak ini, berharap agar generasi berikutnya bisa terus menjaga alam, bersahabat dengan alam dan menjaga budaya lokal.

“Saya berharap dari TBM ini lahir generasi yang amanah dan bersahabat dengan alam dan sekaligus cikal bakal lahirnya penulis dari Desa Paddinging, Kabupaten Takalar,” imbuhnya.

Selain kegiatan cinta lingkungan, di TBM “Sahabat Alam” juga dilengkapi dengan aneka tools permainan dari SPAK & KPK yang mendidik anak-anak untuk menjadi generasi Anti Korupsi.

Uniknya pengurus harian TBM ini didominasi anak remaja, di antaranya Ainun Jariyah Muttahharah, Hijrah Nurwahyuni, dan Aisyah. Pendiri yang merupakan mantan Ketua Dewan Anak di Takalar 20 tahun lalu ini meyakini bahwa anak-anak sangat penting terlibat dan diberikan ruang untuk berpartisipasi.

Irma mewakili seluruh pengurus dan masyarakat Desa Paddinging menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan yang telah membantu komunitasnya dengan bahan-bahan bacaan. Kini TBM selain punya buku juga punya komputer yang digunakan oleh para pelajar mengerjakan tugas sekolah dan kuliahnya.

“Selain itu juga digunakan oleh ibu-ibu untuk zoom dalam rangka belajar bersama,” katanya.(***) 

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

News Feed