Ketua MUI Banggai Sulteng, Kecam Aksi Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar.

Topikterkait.com.Banggai– Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, Dts.H. Zainal Abidin Alihamu, MA mengecam keras atas insiden di Gereja Katedral Makassar sekitar pukul 10.30 Wita, Minggu (28/3/2021).

“Innalilahi Wa Innailaihi Roji’un, kami turut berduka atas insiden yang diduga bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Tentu kami sangat mengecam segala bentuk kekerasan (bom bunuh diri), apalagi menyebabkan orang lain terluka,” ujar ketua MUI H.Zainal Abidin.

Menurutnya, kejadian ini mencederai nilai-nilai toleransi antar umat beragama dan kebhinekaan kita sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Karena ini bukan yang mengatasnamakan agama tertentu. Kekerasan dalam bentuk apa pun tidak dapat dibenarkan dan bertentangan dengan ajaran agama mana pun,” tegasnya ulama yang di kenal dengan semangat nasionalismenya.

“Kami akan terus koordinasi bersama dengan pemerintah dan tokoh lintas agama di kabupaten Banggai agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi khususnya di Banggai, dan kami pun akan mendoakan serta mendukung pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini sampai ke akar akarnya, dan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” jelasnya.

Kami juga akan terus berkoordinasi dengan para tokoh lintas agama, pemerintah Daerah dan pihak TNI-Polri guna bersinergi, menghindari dan mengantisipasi kejadian ini tidak terjadi di daerah kami,” pintanya.

Lebih lanjut Ketua MUI Banggai pun meminta partisipasi masyarakat untuk menghindari spekulasi dan hoax.

“Kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, jurnalis media dan pihak keamanan, mari bersinergi untuk memberikan informasi yang jernih kepada masyarakat sambil menunggu hasil investigasi lebih jauh yang sedang dilakukan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Teruntuk masyarakat Kabupaten Banggai, dia mengajak untuk meningkatkan kewaspadaan dini agar dapat meminimalisir potensi-potensi gangguan keamanan dan stabilitas di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Liputan: Husni Sese

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *