oleh

Danpos Totikum Koramil Salakan Bangun Posko PPKM dan Bersihkan Kantor Desa Bersama Pemdes Sakay 

Topikterkini.com.Bangkep – Komandan Pos (Danpos) Totikum/Toksel koramil 1308-10/Slkn, Serma J.Ferry, Babinsa Koramil Salakan, Serda. Arif Sugiyanto bersama Kades Sakay, Andiuna Lampota beserta perangkatnya, anggota BPD dan Masyarakat Desa Sakay, melaksanakan Kerja Bakti, Sabtu (3/4/2021).

Kerja bakti dan gotong royong tersebut dilaksanakan di dua tempat yaitu di kantor Desa Sakay dan
Lokasi Pos Totikum Koramil 1308-10/Slkn.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan kegiatan Pembuatan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro dan pembenahan Kantor Desa Sakay.

Andiuna Lampota, Kades Sakay yang di dampingi Danpos Totikum/Toksel, Serma J.Ferry mengatakan, dilaksanakan nya kegiatan bakti ini, dalam rangka program PPKM Mikro dan kesiapan Desa Sakay mengikuti Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sementara Camat Totikum, H.Irwan Mayang, SH saat menyambangi kegiatan tersebut untuk memotivasi pemerintah dan Lembaga BPD di Desa Sakay beserta masyarakatnya.

” Desa Sakay merupakan perwakilan Kecamatan Totikum pada program pemerintah dalam pelaksanaan Lomba Desa nanti,”ujar Irwan Mayang.

Diketahui bersama, pada awal tahun ini pemerintah pusat telah merealisasikan program PPKM mikro sebagai upaya pencegahan dan penanganan memutus mata rantai Pandemi Covid-19 dan juga adanya program Lomba Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan. Olehnya itu, dengan menyikapi dua program pemerintah tersebut, untuk sasaran kerja bakti di Desa Sakay ini yakni pembenahan kantor desa dan pembuatan Posko Covid-19.

Selain itu kata camat Totikum, kami juga ingin mengecek sudah sampai dimana upaya dan kesiapan dari pemerintah Desa Sakay dalam rangka mengikuti Lomba Desa/Kelurahan tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Banggai Kepulauan.

Lebih lanjut camat totikum mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan serya apresiasi nya atas kehadiran TNI melalui Babinsa bersama Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan yang telah ikut hadir dalam kegiatan kerja bakti pembenahan Kantor Desa dan pembuatan Posko Covid-19 di Desa Sakay.

“Selaku Camat, saya berharap dengan dilaksanakan nya program Lomba Desa dan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro ini, agar masyarakat selalu dapat menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan sekitar rumah warga, maupun kebersihan perorangan,”imbuhnya.

Kata H. Irwan Mayang hal ini bertujuan agar masyarakat atau sebagai pribadi diri kita bisa sehat selalu dan dapat terhindar dari penyakit atau terhindar dari pandemi covid-19 yang hingga saat ini masih ada.

Dia juga menyerukan, selain menjaga kebersihan, dalam Lomba Desa yang nantinya akan dilakukan penilaian diantaranya pemeriksaan administrasi Desa. Olehnya itu, Pemdes segera melalukan pembenahan administrasi Desa, agar dalam penilaian Lomba Desa nantinya menjadikan rumusan dan patokan dalam setiap pembuatan administrasi, baik itu di Desa Sakay sendiri maupun di semua Desa yang ada di wilayah Kecamatan Totikum.

Terkait program PPKM Mikro ini, Camat Totikum menghimbau, Tim relawan aman Covid-19 yang telah dibentuk di Desa, agar benar-benar dapat melaksanakan tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19, serta tetap menjalankan Prokes sesuai Perbup No. 23 tahun 2020 melalui edukasi 3 M, 3 T dan 3 K yaitu : 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak), 3 T (Tracing, Testing, Treatmen) dan 3 K ( kontak erat, kerumunan dan kamar/ruang tertutup).

“Kepada masyarakat di Desa Sakay dan masyarakat di Kecamatan Totikum Selatan, dengan adanya program PPKM skala Mikro ini, selain pembuatan Posko Covid-19, diharapkan agar warga dapat memanfaatkan lahan tidur untuk di tanami komoditi pertanian, sehingga dengan hasil pertanian ini masyarakat dapat terbantu baik kebutuhan pokok maupun ekonominya,”ungkap Irwan Mayang.

Kades Sakay , Andiuna Lampota mengatakan,
selaku pemerintah Desa Sakay, kami berterima kasih atas kehadiran Babinsa dan Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan yang telah hadir dan ikut membantu suksesnya kegiatan bakti.

“Inilah harapan kami selaku Pemdes agar silaturahmi dan keharmonisan serta sinergitas dalam kebersamaan sebagai mitra kerja kami dengan TNI AD melalui Babinsa dapat berjalan dengan baik sesuai harapan kami dan masyarakat di Desa Sakay,”kata Andiuna.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi tinginya kepada Pimpinan Kodim 1308/LB melalui Danramil 1308-10/Salakan yang telah memberikan izin pakai sementara lahan Pos TNI Totikum Koramil 1308-10/Salakan untuk pembuatan Posko Covid-19 dalam rangka upaya pemcegahan dan penanganan penyebaran virus corona di Desa Sakay khususnyabdan umumnya di wilayah Kecamatan Totikum Kabupaten Bangkep.

Lanjut Kades Sakay bahwa program kegiatan PPKM skala Mikro yang berlaku sejak 22 Maret hingga 22 Juli 2021. Untuk itu, selaku pemdes Sakay mengharapkan kepada Tim relawan Covid-19 yang sudah dibentuk, dengan dilakukannya pembangunan Posko PPKM skala Mikro ini, benar-benar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya guna mensukseskan program pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19.

Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan, pada kesempatan itu menyatakan bahwa
salah satu upaya kami sebagai prajurit TNI – AD Kodim 1308/LB Koramil-10/Salakan, dan juga sebagai aparat teritorial kewilayahan, yakni sebagai seorang Babinsa harus selalu berperan aktif dalam menjalankan tugas untuk mengambil simpatisan rakyat dan merangkul hati masyarakat di Desa binaan, dan salah satunya dengan cara terjun ke lapangan di Desa binaan untuk melaksanakan kerja bakti bersama pemdes dan lembaga BPD serta masyarakat binaan.

Dimomentum kegiatan tersebut, Babinsa bersama Danpos Totikum menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemdes dan masyarakat Desa Sakay, yang telah menyempatkan waktunya hadir dan berpartisipasi mengikuti kegiatan kerja bakti bersama.

“Hal seperti inilah yang kami harapkan selaku aparat teritorial diwilayah Desa binaan, guna menjaga silaturahim yang baik antara Babinsa dan masyarakat serta untuk mempertahankan dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,”pungkas Bintara senior yang dikenal sederhana merakyat.

Liputan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed