oleh

Iksan Iskandar Harap Kegiatan Jeneponto Expo Jadi Agenda Tahunan

Topikterkini.com-Jeneponto | Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar didampingi Ketua TP-PKK, Hj. Hamsiah Iksan membuka secara resmi pameran Ekonomi Kreatif Jeneponto Expo tahun 2021 yang digelar Dinas Pariwasata selama dua hari (28-29) di Kawasan Destinasi Wisata Pantai Tamarunang, Senin 28/6/2021.

Iksan Iskandar Harap Kegiatan Jeneponto Expo Jadi Agenda TahunanPembukaan Pameran yang di ikuti pelaku UKM dari 11 (sebelas) Kecamatan ini dihadiri Kadis Pariwisata Provisi Sulsel, Sekda, Dandim, Kapolres, Kejari, Komisi IV DPRD, Kepala Dinas, Ketua Hipmi, Poltekpar, Yayasan Jokka, PT. Bank Sulselbar, PLTB, Yamaha, Kabid Promosi, Kabag, Camat, Kepala Desa dan Perkumpulan Pedagang Pasar Malam.

Kadis Pariwisata Elly Isriani dalam sambutannya mengatakan, inovasi dibidang ekonomi merupakan keyword/kata kunci transformasi, energi untuk menciptakan perubahan, dan modal sosial untuk memenangkan persaingan pasar.

Selama pandemi Covid-19, kata Elly, ekonomi masyarakat menjadi terkatung-katung dan berada dalam ketidakpastian.

“Sebab itu inovasi menjadi penting, karena semua daerah berlomba menjadi yang terdepan dan tercepat,” katanya.

Elly Isriani menambahkan, Para inovator Ekonomi lokal daerah telah berhasil membuat loncatan-loncatan kemajuan dalam proses produksinya, serta memiliki standarisasi produk berkualitas tinggi, dengan begitu pelaku usaha lokal optimis mampu bersaing dengan melihat realitas pasar yang semakin konpetitif.

“Dikegiatan Jeneponto Ekspo Ini kita bisa melihat, bahwa Butta Turatea memiliki banyak talenta hebat yang siap bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif,” tambahnya.

Sementara Bupati Iksan Iskandar dalam sambutannya berharap agar kegiatan Jeneponto expo menjadi agenda tahunan untuk memperkuat kolaborasi antara inovator industri kreatif, pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, Bupati juga berharap, kegiatan Jeneponto expo ini dapat memberi nilai tambah terhadap perekonomian daerah, agar tercipta banyak lapangan kerja baru melalui pengembangan ekonomi kreatif sampai ke pelosok Desa

“Saya mengajak para kreator usaha dipelosok Desa untuk berakselerasi memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah,” harapnya.

Jeneponto Expo kata Bupati, adalah merupakan pameran produk lokal berkualitas pertama di Jeneponto yang menampilkan inovasi para pelaku UKM dengan tema “Jiwa dan semangat ekonomi kreatif menuju pariwisata Jeneponto bangkit”.

Olehnya itu Bupati menegaskan, even ekonomi bertajuk Jeneponto ekspo yang digelar Dinas Parowisata ini dapat menjadi acara tahunan, agar dapat mendorong akselerasi dan kemandirian ekonomi berbasis kearifan lokal serta tidak hanya menjadi wadah hiburan tapi juga edukasi dan visiualisasi produk lokal.

“Saya hadir secara langsung di acara Jeneponto Ekspo tahun ini, karena saya ingin industri kreatif didaerah kita segera bangkit setelah diterpa Covid-19,” tegasnya.

Dikesempatan itu Bupati berpesan agar penyelenggaraan pameran tetap selalu memperhatikan kehati-hatian, serta kewaspadaan dalam menerapkan protokol Covid-19.

“Upaya menekan covid sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat adalah tantangan besar yang selalu saya sampaikan, tetapi kesehatan dan ekonomi harus bergerak maju secara beriringan,” pesan Bupati.

Laporan: Andi. Baso Pangerang WMG

Komentar

News Feed