oleh

TNI Gotong Royong Bersama Warga Buat Pagar Pos Koramil 1308-10/Slkn di Desa Sakay Bangkep

Topikterkini.com.Bangkep – Tepatnya di Desa Sakay Kecamatan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan, dilaksankan Bakti Gotong Royong Pembuatan Pagar Pos Koramil 1308-10/Salakan, Jumat (9/7/2021)

Kegiatan kerja bakti bergotong royong oleh Personil TNI Koramil 1308-10/Salakan tersebut, dilaksanakan bersama Unsur Kecamatan Totikum, Perangkat Desa, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat dan Para Pelindung Masyarakat ( Linmas ), serta Masyarakat Desa diwilayah Kecamatan Totikum.

Kerja bakti bergotong royong dipimpin Babinsa selaku Danpos Totikum dan Totikum Selatan Koramil 1308-10/Salakan Serma Ferry tersebut, dalam rangka pembuatan pagar lokasi ( Aset ) milik TNI-AD yakni lahan Pos Koramil 1308-10/Salakan, yang berkedudukan di Desa Sakay Kecamatan Totikum.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Adin Tipomo, S.H., ( Kasi Pemerintahan Desa Kec. Totikum ), Serda Tasrin ( Babinsa Koramil 1308-10/Slkn), Andiuna ( Kades Sakay ) bersama perangkat Desa Sakay, Ridwan ( Satpol PP Kec. Totikum ), Risno ( Satpol PP Kec. Totikum Selatan ), Para anggota BPD Desa Sakay, Desa Kalumbatan dan Desa Tone, anggota Linmas Desa Sakay, Desa Tone dan Desa Kalumbatan, beserta Masyarakat Desa Sakay sekitar 30 orang, dan jumlah hadir sekitar 50 orang.

Pada kesempatan itu, Danramil 1308-10/Salakan, menyampaikan bahwa Pembuatan pagar oleh Babinsa bersama Danpos Koramil 1308-10/Salakan tersebut, untuk memberikan tanda batas lahan milik TNI-AD Koramil 1308-10/Salakan yang berlokasi/berkedudukan di Desa Sakay Kec. Totikum Kab. Bangkep.

Selain itu kata Danramil pembuatan pagar kayu pada bagian depan aset TNI tersebut, juga dilakukan penanaman kayu hidup di bagian belakang, samping kiri/kanan setiap batas lahan TNI dengan lahan milik warga yang ada disekitarnya.

“Pembuatan pagar atau menanam kayu di batas lahan TNI sesuai petunjuk dari Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos., M.Tr.Han., M.I.Pol.,” Ujar Danramil 1308-10/Slkn Kapten Inf. Abd. Azis.

Hak ini juga dilaksanakan sambungnya, guna menindaklanjuti permintaan dari masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan untuk mengamankan aset negara yang dikuasakan kepada TNI-AD.

“Ini dilakukan karena sesuai permintaan atau saran dari Pemerintah dan masyarakat di Kec. Totikum dan Totimum Selatan,” sebutnya.

Ditegaskannya, Kerja bakti bergotong royong tersebut sudah menjadi salah satu tugas Babinsa diwilayah binaan dengan mengajak dan mendorong masyarakat untuk selalu meningkatkan nilai gotong royong dalam setiap kegiatan kerja bakti, dimana gotong royong adalah salah satu budaya bangsa indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan. Kebersamaan oleh Babinsa dan masyarakat itulah sebagai wujud nyata sinergitas dan kemanunggalan TNI dan rakyat yang selama ini sudah terbina dengan baik.

Sementara Pemerintah Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan, melalui Camat Totikum H. Irwan Mayang, SH dalam penyampaiannya mengatakan, Pemda Kabupaten Bangkep melalui Pemcam yang ada diwilayah Koramil 1308-10/Salakan khususnya Pemcam Totikum dan Totikum Selatan mengapresiasi kegiatan kerja bakti pembuatan pagar lokasi Pos TNI yang berada diwilayah Kec. Totikum dan Totikum Selatan.

” Kegiatan yang telah dilakukan Babinsa bersama Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan ini, telah menumbuhkan dengan menggiatkan kembali budaya gotong royong di tiap-tiap wilayah binaan khususnya di wilayah Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan yang masih masuk wilayah teritorial Koramil 1308-10/Salakan,” ucap Camat Totikum.

Dia menegaskan bahwa Manfaat gotong royong untuk menjalin kebersamaan dan mempererat tali silturahmi baik antara pemerintah, aparat dan masyarakat yang terlibat dalam suatu aktivitas tertentu secara bersama-sama, serta bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar semakin erat, khususnya antara TNI dan masyarakat.

Camat berharap kegiatan seperti ini perlu di hidupkan kembali dan selalu dipertahankan. Walaupun saat ini di hadapkan dengan adanya wabah Covid-19, namun budaya ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan, tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Camat juga mengharapkan dengan adanya pembuatan pagar di lahan Pos TNI Koramil 1308-10/Salakan yang sampai saat ini tanpa bangunan tersebut, kami pemerintah Kecamatan dan masyarakat sehubungan dengan kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat dan dalam rangka mendukung pelaksanaan program pemerintah, mengharapkan agar lokasi/lahan Pos TNI Koramil 1308-10/Salakan dapat di bangun kembali Kantor Koramil yang pernah ada sebelumnya, namun telah roboh disebabkan terjadinya bencana alam gempa bumi tahun 2000 lalu.

Serma J.Ferry kepada media ini menuturkan terkait Pembuatan pagar aset TNI Pos Koramil 1308-10/Salakan tersebut, akan dilanjutkan kembali sampai selesai, namun saat ini bantuan secara swadaya dari masyarakat dan Pemerintah Kecamatan dan Desa masih mengumpulkan bahan materialnya baik kayu tiang dan kayu pagar.

Laporan: Husni Sese

 

 

 

Komentar

News Feed