Rencana Indonesia untuk menjual vaksin China ke publik ditunda di tengah kritik

TOPIKTERKINI.COM – JAKARTA: Sebuah perusahaan farmasi Indonesia telah menunda rencana untuk menjual vaksin COVID-19 China langsung ke publik, di tengah kritik para pakar kesehatan bahwa skema komersial semacam itu dapat melewati kelompok rentan di negara yang menjanjikan suntikan gratis untuk semua.

Kehebohan itu terjadi ketika kasus virus corona dan kematian akibat virus mencapai rekor tertinggi, mendorong sistem perawatan kesehatan mendekati titik puncak di beberapa bagian pulau Jawa yang berpenduduk padat.

Perusahaan farmasi milik negara Kimia Farma mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah memutuskan untuk menunda skema penjualan vaksin Sinopharm untuk memberikan lebih banyak waktu untuk menjelaskannya kepada publik.

“Untuk sementara kami tunda karena banyak diminati,” kata Novia Valentina, juru bicara Kimia Farma Apotek, anak perusahaan BUMN itu.

Perusahaan sebelumnya mengatakan skema, yang berencana menawarkan vaksin di apotek seharga 879.140 rupiah ($ 60,53) untuk dua dosis, akan membantu “mempercepat kekebalan kelompok.”

Tetapi para ahli kesehatan mengatakan prioritasnya adalah agar vaksin gratis diberikan kepada semua kelompok rentan untuk menghindari risiko ketidakadilan.

“Nanti jika vaksin berlimpah, mungkin akan ada opsi untuk vaksin berbayar, tetapi tidak sekarang,” kata Diah Saminarsih, penasihat senior Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia.

Kementerian Kesehatan menolak mengomentari keputusan itu, mengarahkan pertanyaan ke Kimia Farma.

Vaksin Sinopharm sudah tersedia di negara Asia Tenggara melalui program yang memungkinkan perusahaan swasta untuk membeli vaksin untuk karyawan mereka.

Indonesia telah mencatat lebih dari 2,5 juta kasus virus corona dan total 64.000 kematian akibat penyakit pernapasan, salah satu wabah terburuk di Asia.

Meskipun demikian, beberapa ahli kesehatan masyarakat percaya skala wabah sangat diremehkan.

Sebuah studi serologi yang dirilis pada akhir pekan oleh pemerintah Jakarta menemukan 44,5 persen, atau 4,7 juta, dari 10,6 juta penduduk kota memiliki antibodi COVID-19 Maret ini.

Itu dibandingkan dengan hanya 8,1 persen kasus yang telah dikonfirmasi, dengan kemungkinan besar tidak menunjukkan gejala, menurut penelitian yang dilakukan bersama dengan Universitas Indonesia, Institut Eijkman dan CDC Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *