oleh

Idul Adha 1442 H, KPUD Buol Lakukan Pemotongan Hewan Kurban

Topikterkini.com.Buol – Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat kegiatan yakni penyembelihan hewan ternak (kurban) dengan tujuan mendapat ridho dari Allah Azza wa Jalla.

Dalam rangka tersebut, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Buol, pada Hari Raya Idul Adha tahun 1442 H atau tahun 2021 Masehi mengadakan penyembelihan hewan kurban.

Kurban yang berasal dari keluarga besar KPUD Buol ini berjumlah 3 ekor lembu (sapi). Penyembelihan dilaksanakan di lokasi kantor KPUD Buol pada hari Rabu, (21/7/2021).

Kepada media ini, Sekretaris KPUD Buol, Muh. Rusli D., Ali., S. Sos., M.Si., mengatakan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini telah di rencanakan bersama komisioner, staf dan honorer satu tahun sebelumnya.

“Dari 21 orang tersebut terdiri dari staf KPUD dan Komisioner KPUD Buol kami bagi 3 kelompok dimana setiap personil menyisihkan reskinya setiap bulan sebesar Rp, 170.000,- selama 10 bulan,”kata Rusli D, Ali yang di daulat sebagai ketua Panitia pelaksanaan penyembelihan kurban.

Sekretaris KPU Buol juga mengatakan bahwa di momentum idul Adha tahun ini, selisih dana yang terkumpul digunakan untuk membeli
Beras yang dipaketkan untuk peduli berbagi kepada sesama warga yang membutuhkan.

“Ada 200 kg beras yang kami paketkan masing masing 3 kg bagi setiap penerima, yang sebahagian besar adalah warga kurang mampu dan sangat terdampak secara ekonomi akibat pandemi,”ujarnya.

Diakuinya bahwa distribusi paket kurban tersebut tidak terpusat pada warga sekitar saja namun juga menyasar beberapa titik warga pedesaan di sejumlah wilayah.

Hal ini dimaksudkan agar warga yang ada di pelosok bisa tersentuh dengan shadaqah kurban ini.

Selain itu disampaikannya bahwa di sekitar kota banyak juga yang melakukan kegiatan yang sama, agar terdistribusi merata pihaknya mendistribusikan kepada warga kurang mampu ke sejumlah desa diluar perkotaan.

Disela sela pelaksanaan kegiatan penyembelihan dan pembagian paket kurban tersebut, ketua KPU, Alamsyah, SE yang di dampingi para komisioner KPU lainnya, memanfaatkan momentum tersebut menyampaikan informasi kepada warga yang hadir terkait tahapan sosialisasi validasi data pemilih yang sedang di laksanakan.

Acara yang dilaksanakan satu hari setelah Hari Raya Idul Adha (Tasyrik) ini diakhiri pembagian daging kurban dan paket beras kepada masyarakat sekitar lingkungan kantor KPUD Buol, yang penyerahannya di awali oleh Ketua KPUD Buol, Alamsyah, SE dan Sekretaris KPUD, Muh.Rusli. Ali S.Sos, M.Si. dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kedua tokoh sentral di jajaran KPUD Buol tersebut berharap dukungan dan peran aktif masyarakat dalam tahapan pelaksanaan Validasi data pemilih yang sedang berlangsung dan menghimbau agar tetap disiplin menerapkan Prokes.

Liputan: Husni Sese

Komentar

News Feed