oleh

Jumlah Pasien Terpapar Covid-19 di Kecamatan Galang Terus Menurun

Topikterkini.com.Tolitoli – Menurut keterangan dr. Fadly selaku Dokter Umum di Puskesmas Galang Kabupaten Tolitoli Sulteng saat di sambangi media ini di ruang kerjanya, senin (27/9/2021) Mengatakan hingga hari ini warga yang terpapar covid -19 khususnya di wilayah Galang  jumlahnya menurun ini merupakan pencapaian yang di harapkan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi prokes.

Pihak media ini sempat menanyakan apakah karena di berlakukannya PPKM, sehingga penurunan warga yang terpapar jumlahnya menurun ? dr. Fadly mengatakan pada Awal di berlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),  di Kabupaten Tolitoli wilayah Galang, warga yang terpapar sempat mengalami peningkatan, namun sebagian besar hanya mengalami gajala ringan dan sedang, seiring terus digencarkannya program Vaksinasi dan PPKM yang terus berlanjut hingga saat ini warga yang terpapar pun jumlahnya terus menurun.

dr. Fadly pun menjelaskan seiring berjalan nya vaksinasi yang di lakukan sejak bulan Mei sampai saat ini bisa menjadi faktor penurunan jumlah warga yang terpapar covid-19 dengan melakukan vaksinasi tahap 1-2.

“Jika terpapar potensinya kecil karena dengan vaksin imunitas dalam tubuh mulai terbentuk sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus yang masuk dalam tubuh kita,”ujar dr Fadli.

Kata dia, jika setelah vaksin kita masih terpapar virus Covid-19 itu bisa saja terjadi namun yang dirasakan pasien hanyalah gejala ringan dan sedang.

Diketahui kegiatan vaksinasi di puskesmas kecamatan Galang yang dilakukan sejak bulan Mei 2021 sampai saat ini pencapaian awal yang di targetkan yakni 80% -90% untuk warga Galang yang akan dilakukan vaksin, namun menurut dr.Fadly, pencapaian target tersebut terus di maksimal  dengan membuka pelayanan di puskesmas Galang setiap hari bagi masyarakat yang mau melakukan Vaksin.

“Tim vaksinator puskesmas Galang Melakukan Jemput Bola dengan turun ke desa dan Sekolah. sudah ada beberapa desa yang dikunjungi untuk dilakukan vaksin kepada warga, untuk sekolah sekolah Sekolah yang di vaksin siswa  minimal umur 12 tahun,”terangnya.

Adapun penjelasan untuk masyarakat agar tidak takut untuk melakukan vaksin dan menyelesaikan vaksin nya sampai tahap ke 2 karena untuk mencapai kekebalan yang maksimal terhadap virus Covid-19, sehingga  harus melakukan dua kali interfensi namun setelah melakukan vaksin tidak menutup kemungkinan kita masih tetap akan terpapar covid-19 namun gejala yang akan dirasakan hanya gejala ringan dan sedang saja, olehnya masyarakat tetap harus patuhi protokoler Kesehatan.

” Kami berharap kepada masyarakat untuk bersama sama mencegah penyebaran virus ini, jangan biarkan virus ini masuk kedalam tubuh kita, tetap melakukan 3M, vaksin itu berguna meningkatkan imunitas, jangan Abai dan tetap ikhtiar.l,”pungkasnya.

Liputan: Andi Iswana

Komentar

News Feed