oleh

Gelar Aksi, Aliansi Pemuda dan Masyarakat Bontocini minta bubarkan panitia dan tunda pilkades Bontocini

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO: Puluhan warga Desa Bontocini, Kecamatan Rumbia, menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor bupati kabupaten Jeneponto, Senin 11/10/2021.

Gelar Aksi, Aliansi Pemuda dan Masyarakat Bontocini minta bubarkan panitia dan tunda pilkades BontociniPendemo tersebut mengatasnamakan dari Aliansi Pemuda dan Masyarakat Bontocini Kec.Rumbia

Aksi tersebut dilakukan buntut dari banyaknya dugaan tindak kecurangan yang dilakukan oleh panitia pemilihan calon kepala Desa Bontocini.

“Bahwa regulasi yang digunakan untuk penyelenggaraan pemilihan kepala desa sudah tidak berpihak pada penegakan hak-hak demokrasi rakyat,” ujar Jatong Jalarambang dalam orasinya.

Jatong menilai banyaknya dugaan tindak kecurangan karena ditengarai lemahnya pengawasan dalam pelaksanaan tahapan-tahapan pilkades, sehingga mudah di susupi oleh kepentingan yang diklaim dapat mencedarai demokrasi.

“Di abaikannya rasa ke adilan masyarakat dalam pelaksaan pilkades yang dapat berujung kepada hak pilih warga. Dalam banyak aspek pemerintah daerah bersikap tidak netral dan independent,” jelasnya.

Dia juga mendesak Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar agar segera membubarkan panitia pemilihan kepala desa bontocini.

“Kami Meminta kepada Bupati Jeneponto untuk menunda pelaksanaan pilkades desa Bontocini,” ungkapnya.

Selain itu, Jatong menambahkan bahwa pihaknya meminta kepada Iksan Iskadar untuk mengevaluasi kinerja panitia desa di tingkat kabupaten,”tutup jatong jalaranbang

Dalam surat pernyataan sikap tercatat ada beberapa tuntutan yakni, 1. Meminta kepada pemerintah kabupaten Jeneponto agar membubarkan panitia pemilihan kepala desa Bontocini kec.rumbia, 2. Meminta kepada Bupati Jeneponto untuk menunda pelaksanaan Pilkades desa Bontocini, 3. Melakukan evaluasi terhadap kinerja panitia pemilihan kepala desa tingkat kabupaten, 4. Meminta kepada DPRD untuk mendesak bupati agar panitia Pilkades desa Bontocini di bubarkan serta menunda pelaksanaan Pilkades desa Bontocini 5. Meminta kepada DPRD untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkades di kab. Jeneponto.

Laporan: Usman S

Komentar

News Feed