oleh

Festival Barazanji dan Kreasi Male di Batu Lappa Bone

Topikterkini.com-Bone | Temu Pattaungeng dimulai sejak 2016. Dan telah menjadi kegiatan tahunan di Desa Batu Lappa, Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Sempat vakum 2020 disebabkan wabah Covid-19 melanda belahan dunia, termasuk Negeri Indonesia.

Festival Barazanji dan Kreadi Malr di Batu Lappa BoneInisiator DR. H. Ajiep Padindang, SE., MM bersama aparat pemerintahan desa dan masyarakat Batu Lappa, menyelenggarakan kembali Temu Pattaungeng 2021 dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443, dengan konsep Festival Barazanji dan Kreasi Male, berlangsung, Minggu (17/10/2021), di Saoraja Mattirowalie.

Hadir Kepala Desa Batu Lappa H.A. Haeruddin Mallanti, Ketua Lembaga Adat Desa Battulappa H. A. Sirajuddin Mallanti, Tim SainsTechnopad Unhas dipimpin Prof. Dr. dr. Andi Wardihan Sinrang, MS, bersama Prof. Dr. Ir. Syamsuddin Hasan, M.Si, DR. Ikrar Muhammad Saleh, M.Si, Para Kepala Dusun, Imam Desa, Imam Masjid, Majelis takhlim, Tim PKK, Tim Balai Senator, Lembaga Pengembangan Kesenian Dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS) dan masyarakat Desa Batu Lappa.

Ketua Panitia Andi Ramat Mandasini dari Balai Senator DR. H. Ajiep Padindang, SE., MM mengatakan, Temu Pattaungeng adalah kegiatan rutin battulappa yang dimulai sejak 2016 yang diinisiasi Dr. H. Ajiep Padindang, SE., MM, hanya tahun 2020 pada saat covid, kita tidak laksanakan temmu pattaungengn ini, karena adanya skala mikro pembatasan khususnya di desa battu lappa.

“Mengpa kita laksanakan tahun ini, sebanarnya kita ‘rindu’ bersilaturahim bersama,” kata Manda – panggilan akrabnya, menambahkan, tahun sebelumnya konsep pesta rakyat, yaitu permainan rakyat yang kekuatiran kami akan terjadi sentuhan fisik, karena masih kondisi covid, maka yang kami alihkan bentuk Festival Barazanji dan Kreasi Male antar dusun.

Kepala Desa Batulappa, H.A. Haeruddin Mallanti, menyanpaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kepada Dr. Ajiep Padindang, SE., MM yang berkenaan untuk menginisasi sekaligus menjadi sponsor tunggal didalam pelaksanaan ini.

“Apresiasi dari rombongan dari unhas yang berkenan hadir di desa ini, mudah-mudahan kedatangan ke desa kami, membawa berkah dan rahmat dari Allah SWT dan kedepan kita bisa bersinerji untuk mengembangkan desa battulappa,” sambung Etta Solong – sapaan akrabnya.

Terkait kedatangan Tim Sains Technopad Universitas Hasanuddin (Unhas), yang memperkenalkan konsep inovatif desa. Menurut Prof. Dr. dr. Andi Wardihan Sinrang, MS, saat memberikan testimoni di acara Temu Pattaungeng menyanpaikan tugas Sain Technopad adalah untuk bersama-sama dengan masyarakat, pemerintah maupun dunia usaha, untuk mendorong perekonomian suatu daerah.

“Perguruan tinggi di tugaskan untuk turut menerapkan ilmu dan teknologi yang dimiliki ataupun yang bisa dibawa ke daerah untuk bersama-sama pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi untuk memikirkan bagaimana masyarakat kita ini lebih sejahtera,” kata Andi Wardihan Sinrang.

Diakhir seremoni, Peresmian Acara Temmu Pattaungeng 2021 dirangkaian hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, kata MC Jamal Andi, mendaulat Dr. H. Ajiep Padindang, SE., MM. (baca kutipan lengkap di edisi berikutnya di Media ini).

Menurut Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Selatan, Syukur itu harus diwujudkan dalam tiga hal.

“Pertama syukur dengan kata hati yang kita sebut niat. Kedua, syukur harus dinyatakan dalam bentuk kata-kata. Dan syukur ketiga harus dibuktikan dengan perilaku (sikap – tindakan), pungkas Ajiep Padindang.

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed