oleh

SMA Negeri 4 Cibinong Gelar LABASA 3 bertajuk “Kabumi Sastra”

Topikterkini.com.Cibinong – Perhelatan akbar kembali digelar di SMAN 4 cibinong Jawa Barat. Penyerahan hadiah bagi peserta lomba bahasa dan sastra (Labasa) 3 dilaksanakan tepat pada hari sumpah pemuda,kamis,28 oktober 2021.

Kegiatan yang berjalan dengan lancar dan sukses ini mengusung tema “kabumi sastra” , akronim dari “kompotisi anak bangsa untuk menciptakan intelektual sastra ” tema tersebut dipakai dalam even labasa 2 dan 3 karena dinilai releven dengan kegiatan tersebut.adapun tema kegiatan merupakan ide kepala SMA negri 4 cibinong, drs. Ero ansori, M.M.

Ada sesuatu yang berada di labasa 3 ini, karena bertambah kategori matalomba. Matalomba menulis cerpen dan baca puisi (bahasa indonesia) story teeling ( bahasa inggris) , dan pupuh ageung (bahasa sunda).

Pada kesempatan tersebut, Drs. Ero ansori selaku kepala SMAN 4 cibinong dan juga sebagai penanggung jawab kegiatan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia labasa 3 yang telah berupaya maksimal untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMP/MTs Negri dan Swasta se-jabodetabek.dengan tujuan untuk menggali potensi generasi muda dibidang bahasa dan sastra,”Ero ansori menambahkan.

Pelaksanan kegiatan telah dimulai sejak tgl 15 september 2021 dengan beberapa tahapan.mulai dari pendaftaran, taklimat, penggugahan karya, penilaian,pengumuman pemenang, dan penyerahan hadiah lomba. Menjadi kebanggan bagi seluruh panitia labasa 3 karena dapat melaksanakan acara puncak kegiatan di hari sumpah pemuda.seluruh peserta nominasi lomba bahasa dan sastra sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Jumlah peserta lomba berjumlah 117 orang dengan rincian : cerpen 29 orang , puisi 41 orang, story teeling 25 orang,pupuh ageung 22 orang.

Lomba bahasa dan sastra (Labasa) Merupakan program kesiswaan yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari sumpah pemuda. Acara tersusun dengan apik dan dipandu oleh Master of Ceremony kawakan Smafour, Pak ansori, S. Pd. Berpasangan dengan perwakilan panitia Siswa, Alisia Naila. Acara dilakukan life streaming.

Berikut rangkaian acaranya :

1. Pembukaan,oleh MC.

2 .Menyanyikan lagu indonesia Raya dengan dirigen Nola Astria sebagai panitia Siswa.

3. Pembacaan dona dipimpin oleh Bapak Dede sanjaya, S. pd.

4. Laporan ketua panitia, ibu Christiene M. Tarima, S. Pd.

5.sambutan kepala Sekolah, Drs.Ero ansori,M.M.

6. Sambutan Lurah cibinong bapak Sugiyanto, S Sos.

7 . Sambutan komite diwakili oleh bendahara komite, ibu Eli Martis.

8. Tampilan Gitar Akustik dari perwakilan peserta didik.

9. Pembacaan nominasi juara 1,2,3, dan Favorit dengan kategori lomba : Menulis Cerpen, Baca puisi, Story Teeling,dan pupuh Ageung.

10. Pemberian Plakat,Sertifikat bagi juara umum, 12.Kesan dari juara Umum.

11 . Pemberian plakat dan sertifikat, dan uang pembinaan , 11. Pembacaan juara umum Labasa 3.

12. Kesan dari juara umum.

13. penutup, sebagai acara tambahan foto bersama.

Berikut pemenang Lomba Bahasa dan Sastra 3 dengan kategorinya. Kategori cerpen.
Juara 1, Tarisa Indira,SMP Smart cibinong.
Juara 2, Adinda Ajeng Fadillah, SMP Smart cibinong.
Juara 3, Cahaya Arsalya Sandy,SMP Citra Nusa juara Favorit,Diennisa Tiara Kemuning, SMPN 2 Cibinong.
Kategori Baca Puisi :
Juara 1, Debora Srikandi Lammardohar Lumban Batu, SMPN 2 Cibinong.
Juara 2, M.Ramzi Daffa Taslimin, SMPIT Rahmaniah Boarding School.
Juara 3 ,Abigail Yaffa Mahendra,SMP Mardi Waluya Cibinong juara Favorit, Raisa adelia, SMPN 1 Rancabungur.
Kategori Story teeling.

Juara 1, Renata Chirstina Lim, SMP Mardi Waluya Cibinong.
Juara 2 , Malia Arifa Yumna, SMP IT Al-Madinah.
Juara 3, Latisha Islami Bimantara, SMP Puspanegara.
Juara Favorit, Cintya Alim Saphira, SMPN 4 Cibinong.
Kategori Pupuh Ageung.
Juara 1, Hanif Raditya Utama , SMP Negeri 2 Bojong gede.
Juara 2, Keyla Putri, SMP PGRI 1 Cibinong.
Juara 3, Prasasti Shimarani, SMP Al-Azhar Syifa Budi.
Juara Favorit,Hanif Raditya Utama, SMP Negri 2 Bojonggede.
Sebagai juara Umum,SMP Smart Cibinong.
Penyerahan hadia bagi pemenang dilakukan layaknya seperti penerimaan “award” , diiringi music pengantar dan pembuat pemenang nominasi merasa “deg’degan” . “kegiatan ini dapat terselanggara dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak.dari sponsor utama , yakni Pusat Pengembangan dan pembinaan Bahasa,kemendikbudristek,sponsor lainnya seperti : BJB ,BNI,LP2K,Bimbel Prosus Inten bogor, Emina Beauty, Toko buku Gramedia Cibinong, CV Anugerah Sejahtera , PT ABC President indonesia, Air Minum TDS NOI, UMKM Cibinong,dan ruang guru Bogor Serta orang tua peserta didik SMA Negri 4 Cibinong.

“pada hari yang spesial ini, kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada kami dalam melaksanakan kegiataan ini, rekan-rekan Panitia guru dan siswa,tim juri para guru pembimbing,peserta lomba,dan para sponsor. semoga Pada Lomba Bahasa dan Sastra (Labasa) di tahun yang akan datang akan lebih baik lagi”. Ujar sutrisna selaku penanggung jawab Teknis Kegiatan menutup wawancara dengan awak media.

Laporan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed