oleh

Marxixme dan buruh indonesia kontemporer

Marxixme dan buruh indonesia kontemporer

Oleh: Andika Muta’aly
(Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar)

Marxisme sebagai salah satu pandangan filsafat, ideologi, dan politik, sudah berkembang di Eropa sebelum abad ke-20. Sementara di Nusantara, Marxisme  mulai  berkembang setelah abad ke-20, yaitu setelah kedatangan Henk Sneevliet pada tahun 1913, ia adalah seorang pendiri  ISDV  (Indische Sociaal-Democratische Vereeniging), yang kemudian bermetamorfosa menjadi partai komunis yang pertama di Asia, yaitu Partai Komunis Indonesia (PKI).

Paham ini melahirkan para pejuang revolusi di Hindia-Belanda. Mereka menyebarkan gagasan Marxisme dan melakukan aksi-aksi pengorganisasian rakyat, terutama pada kelompok buruh pabrik. Perjuangan itu telah sampai pada pembentukan organisasi revolusioner yang bernama Partai Komunis Indonesia (PKI). Jadi Partai Komunis Indonesia lahir dalam zaman imperialisme, sesudah di Indonesia ada klas buruh, sesudah di Indonesia berdiri serikatburuh-serikatburuh dan Perkumpulan Sosial Demokratis Indonesia, yaitu organisasi politik yang pertama daripada kaum Marxis Indonesia, sesudah Revolusi Oktober tahun 1917.

Lahirnya PKI bukanlah suatu hal yang kebetulan, melainkan suatu hal yang sesuai dengan perkembangan sejarah, suatu hal yang wajar. PKI adalah anak zaman yang lahir pada waktunya.

Marxixme dan buruh indonesia kontemporer

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.