oleh

Bupati Jeneponto Tegaskan Mafia Tanah Perlu Dikejar Sampai Keujung Langit

Topikterkini.com-Makassar | Bupati Jeneponto, H. Iksan Iskandar bersama Kepala Kantor Pertanahan Jenelonto, Irvan Tamrin hadiri acara penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat Sulawesi Selatan di Hotel The Rinra Makassar, Rabu (05/01/2022).

Sementara di Kantor Pertanahan Kabupaten Jeneponto puluhan masyarakat penerima sertifikat tanah turut mengikuti acara tersebut secara virtual melalui zoom app meeting.

Acara penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat Sulawesi Selatan dihadiri langsung Menteri Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Republik Indonesia, Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD.

Selain itu, acara ini juga turut dihadiri Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, A. Sudirman Sulaeman, Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Kapolda Irjen Nana Sudjana, Kakanwil Pertanahan Sulsel Bambang Priyono dan Bupati/Walikota se-Sulawesi Selatan.

Acara dimulai dengan penyerahan sertifikat tanah milik pemerintah daerah yang diberikan langsung oleh menteri RAT-BPN Sofyan A. Djalil didampingi Plt. Gubernur A. Sudirman Sulaeman dan Kakanwil Pertanahan Sulawesi Selatan Bambang priyono kepada Bupati/Walikota se-Sulawesi Selatan.

Bupati H. Iksan Iskandar bersama 23 Kepala Daerah lainnya pun berkesempatan menerima secara langsung sertifikat tanah tersebut.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan (MOU) dan perjanjian kerjasama antara ATR-BPN dengan kantor pertanahan di 23 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Untuk Kabupaten Jeneponto, MOU dan perjanjian kerjasama ditandatangani langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan, Irvan Tamrin.

Penandatanganan nota kesepakatan (MOU) dan perjanjian kerjasama juga dilakukan antara ATR-BPN dengan PT. PLN, Bank Pendapatan Daerah (BPD) Sulselbar, PT. BRI persero, Bank Tabungan Negara (BTN) serta Pengadilan Agama.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Pertanahan Sulawesi Selatan, Bambang Priyono dalam sambutannya menjelaskan, bahwa peran ATR-BPN sejak memulai program sertipikat hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) manfaatnya telah dirasakan dengan baik oleh masyarakat.

Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) ini kata Bambang, dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan mencegah konflik atau sengketa pertanahan dimasa yang akan datang.

Diacara yang sama menteri RAT-BPN Sofyan A. Djalil dan Plt. Gubernur A. Sudirman sulaeman secara berurutan juga turut memberikan sambutan.

Sementara Bupati Iksan Iskandar setelah acara menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kementerian ATR-BPN dan Kanwil Pertanahan Sulawesi Selatan atas atensi terhadap masyarakat Jeneponto, lebih khusus dalam program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang selama ini massif dilakukan.

Bupati dua periode itu berharap agar upaya pengadaan sertipikat gratis bagi masyarakat terus dilakukan guna memberantas praktik mafia tanah.

“Mafia tanah tidak boleh menang, kalau perlu kita kejar sampai ke ujung langit, karena sekali menang akan jadi preseden buruk,” tegas Bupati.

Laporan: Ishak Basman
Editor : Andi. Awam/Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed