oleh

PELANGI SETELAH BADAI

PELANGI SETELAH BADAI
Oleh: Ezri Palodji, S..Pd, M. Pd

Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia. Mengapa orang harus belajar? Belajar sudah diperoleh sejak bayi, tetapi tingkat kesulitannya di setiap jenjang usia berbeda-beda.

Semakin dewasa seorang manusia diharapkan dapat bisa beradaptasi dengan lingkungan, bisa menguasai emosi dan kehidupan sosialnya,lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

Tetapi untuk mencapai tujuan pendidikan yang berdasarkan pada UUD 1945 pasal 31 sangat sulit dikarenakan beberapa faktor.

Untuk sebagian orang mampu menyelesaikan pendidikan secara formal sesuai waktu yang ditentukan. Namun ada segelintir orang tidak bisa menyelesaikan pendidikannya.

Berikut beberapa faktor penghambat sehingga tidak mendapatkan pendidikan yang layak:

1. Faktor Ekonomi
2. Faktor perkawinan di usia muda, yang akhirnya tidak bisa melanjutkan pendidikannya

Bersyukur ada orang-orang yang mau berkorban dan peduli meluangkan waktu di sela-sela kehidupan dan kesibukannya.

Mereka memperjuangkan nasib para penduduk yang berusia 7 sampai dengan 21 tahun untuk mengikuti pelajaran di Pendidikan Kesetaraan pada kelompok belajar.

Ibaratnya peserta didik jenjang pendidikan kesetaraan ini pernah mengalami badai kehidupan sehingga dapat melihat pelangi.

Walaupun pada umumnya sudah berkeluarga, mereka tetap semangat untuk belajar. Hingga mereka juga sanggup menyelesaikan pendidikannya. Kesuksesan dapat diraih jika ada kemauan, tekad yang kuat untuk maju.

Penyelenggaraan ujian Kesetaraan Paket B dan Paket C pada PKBM MAPANDE SINGGANI berjalan lancar, tertib dan aman. Dengan harapan besar para peserta didik pada Pendidikan Kesetaraan akan menjadi manusia yang berguna di tengah-tengah masyarakat Indonesia khususnya Sulawesi Tengah Kabupaten Sigi.

Mini literasi, 01 April 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed