oleh

Tingkatkan Sinergitas Bersama Komponen Masyarakat, Kodim 0316/Batam Menggelar Binkom Cegah Konflik Sosial 2022

Batam. Topikterkini.com – Komando Distrik (Kodim) 0316/Batam menggelar kegiatan Pembinaan komunikasi (Binkom) cegah konflik sosial di Wilayah Kodim 0316/Batam 2022.

Kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial yang bertema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam mencegah Konflik Sosial Di wilayah Kodim 0316/Batam.kegiatan ini berlangsung di aula Makodim 0316 Komplek Seraya, Kec. Batu Ampar Kota Batam Selasa (12/04/2022) Pagi hari.

Sejumlah elemen masyarakat mengikuti pembinaan Komunikasi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan ( AGHT ) di Makodim 0316/Batam Selasa (12/04).

Tujuan kegiatan ini merupakan agar sedini mungkin bisa mencegah terjadinya konflik sosial dimana hingga kini masih terus terjadi salah satunya terkait dengan kelangkaan minyak goreng dan seterusnya. Kegiatan ini juga bertemakan “Peran Seluruh Komponen Masyarakat dalam mencegah konflik sosial,” Di wilayah Kodim 0316/Batam.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0316/Batam, mengucapkan selamat datang dan berterimakasih atas kedatangan peserta Binkom di Markas Kodim Kota Batam.

Lebih lanjut, Komandan Kodim 0316/Batam mengatakan melalui kegiatan Binkom ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah.

Dandim Letkol Kav, Sigit Dharma Wiryawan, S.H berharap dengan digelarnya kegiatan ini bisa meningkatkan koordinasi yang baik antara satuan Kodim 0316/Batam dengan komponen masyarakat. Pihaknya juga berpesan kepada komponen masyarakat tidak mudah terprofokasi dengan berita – berita Hoax.

“Saya minta, kordinasi yang baik dan jaga komunikasi yang baik agar setiap kejadian di Wilayah Batam khususnya, bisa teratasi sehingga Kota Batam tetap aman dan kondusif,” Ungkapnya.

Ketua Tim Binkom Pabandya -1/Renprograr Spaban I/Ren Sintelad Letkol Arh Tengku Sony Sonata SE dalam membacakan amanat dari Asisten Intelijen Staff Angkatan Darat mengucapkan rasa terima kasih juga kepada nara sumber yang bersedia hadir pada hari ini. Konflik bisa muncul dimana saja kita masih ingat awal Pandemic Covid-19 dimana terjadi konflik sosial.

“Saat ini pun konflik sosial masih terjadi di antaranya kenaikan bahan – bahan pokok dan sebagainya oleh karena itu upaya tidak terjadi konflik sosial stabilitas keamanan tetap terjaga. Pencegahan konflik dengan upaya kegiatan Binkom ini merupakan upaya preventif baik ceramah maupun tanya jawab,” jelasnya.

Adapun sebagai Narasumber yakni Kasat Intelkam Kapolresta Barelang, MSI, Dalam kesimpulan dari kegiatan tersebut yaitu dengan adanya FKDM ( Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ) sebagai mitra kerja yang terdiri dari tokoh masyarakat untuk dapat mencegah ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan) terhadap stabilitas politik dalam negeri dan keamanan sosial, yang terjadi di tengah masyarakat.
Nara sumber yang pertama Kasat Intelkam Kapolresta Barelang
1. konflik Lahan.
2. Konflik Sara.

Narasumber yang kedua Kesbangpol (Abdul Malik,M.Si kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan penanganan konflik Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kota Batam.

1. Konflik Sosial adalah: perseteruan dan /atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang berlangsung dalam waktu tertentu dan berdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanan dan disintegrasi sosial sehingga mengganggu stabilitas nasional dan menghambat pembangunan nasional.
2. Penanganan konflik adalah: serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terancam dalam situasi dan peristiwa baik sebelum pada saat, maupun sesudah terjadi konflik yang mencakup pencegahan konflik penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik.

(Veri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed