Bupati Donggala Resmikan Gedung Puskesmas Kayuwou

Topikterkini.com.Donggala – Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, menghadiri kegiatan Percepatan vaksinasi Covid-19 sekaligus meresmikan gedung Puskesmas Kayuwou dan menyerahkan bantuan kendaraan oprasional kepada Camat Sindue Tobata, Ardian Madiua, S. Pd.I, Kamis (14/04/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Alindau Kecamatan Sindue Tobata tersebut, turut dihadiri beberapa Pimpinan OPD, Ketua Komisi II DPRD Donggala, Forkopimda Kec. Sindue Tobata, Kepala Bagian, Kepala Desa, dan kader posyandu serta Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Donggala.

Peresmian puskesmas, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita serta peninjauan Gedung Puskesmas.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, H. Muzakir Ladoali, S. Sos., M. Si, menyampaikan telah melaksanakan pertemuan konsolidasi peningkatan kader posyandu.

Dimana Kader posyandu yaitu kader sukarelawan yang tidak memandang gaji berapa yang harus diterima, tetapi ril pekerjaannya terukur dan terlihat “ini dibuktikan dengan persentase laporan yang disampaikan oleh kader ditingkat puskesmas,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya kader posyandu harus mendapat perhatian khusus karena kader posyandu sebagai pilar disub sektor kesehatan yang menjadi ujung tombak pembangunan yang tidak pernah berhenti melayani masyarakat.

Sehingga Kadis Kesehatan mengusulkan kepada Bupati, agar ke depan ada peraturan Bupati sambil tidak mengganggu APBD Desa, untuk memberikan insentif yang ril kepada kader kesehatan.

Terkait dengan puskesmas kayuwou ia mengatakan, puskesmas tersebut merupakan puskesma rawat jalan tetapi nantinya akan ditingkatkan menjadi puskesmas rawat inap.

Ditambahkannya, untuk ke depan menurutnya perlu mendapat perhatian yaitu wajib disetiap desa mempunyai 3 (tiga), kalau ini dilakukan Insya Allah ke depan Donggala akan menjadi yang pertama indeks pembangunan manusia.

Menanggapi hal tersebut Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, memberikan apresiasi kepada kader posyandu yang selama ini telah bekerja dengan baik.

Sehingga ke depan akan membuat peraturan Bupati, sebagai payung hukumnya untuk menyelesaikan permasalahan kader posyandu tersebut.

“Saya minta kepada Kadis Kesehatan, untuk ke depan agar menuntaskan 2 (dua) program yaitu pertama menuntaskan program 3 (tiga) pelayanan kesehatan untuk 1 (satu) desa dan permasalahan kader posyandu,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Bupati berharap, agar puskesmas yang telah dibangun mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas demi terwujudnya pelayanan kesehatan yang efesien, bermutu, merata dan terjangkau.

Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis baju dinas bagi pengemudi Ambulance oleh Bupati Donggala, kepada Umar dari Puskesmas Kayuwow, Muzamil dari Puskesmas Donggala, Burhan dari Puskesmas Ogoamas, Ahda dari Puskesmas Maleo dan Munawir dari Puskesmas Delatope.

Kegiatan peresmian ditutup dengan pembacaan Paepulu Salama dan buka puasa bersama.

Sumber: Prokopim Donggala.

Laporan: Alir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *